Hasil Tes Kesehatan Bakal Calon Bupati Jepara Diumumkan Esok

Rhobi Shani    •    Jumat, 30 Sep 2016 15:42 WIB
pilkada serentak
Hasil Tes Kesehatan Bakal Calon Bupati Jepara Diumumkan Esok
Ilustrasi--Tes kesehatan bakal calon kepala daerah di Semarang, Jawa Tengah, 2015 (Foto: Ant/Aditya Pradana Putra)

Metrotvnews.com, Jepara: Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, akan mengumumkan hasil tes kesehatan pasangan bakal calon bupati Jepara, pada Sabtu 1 Oktober 2016. Pengumuman hasil tes itu mundur dari jadwal semula yakni hari ini 30 September.
 
Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri mengatakan, tim dokter yang memeriksa para paslon sudah menyampaikan hasil tes. Yaitu hasil pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan pemeriksaan bebas penyalahgunaan narkotika.
 
"Hasil pemeriksaan kesehatan akan diumumkan bersama dengan pengumuman penelitian syarat calon dan syarat pencalonan. Hasil pemeriksaan tes kesehatan ini mutlak," ujar M Haidar Fitri, Jumat (30/9/2016).
 
KPU Jepara menunda pengumuman hasil tes kesehatan untuk memberi kesempatan pada pasangan bakal calon memanfaatkan waktu tiga hari dalam penyerahan perbaikan. Apabila diumumkan hari ini, nereka hanya memiliki satu hari efektif kerja dalam mengurus berkas perbaikan. Sebab, Sabtu dan Minggu instansi di Jepara libur.
 
"Tapi kalau diumumkan besok, para paslon memiliki waktu efektif jam kerja dua hari yaitu Senin dan Selasa. Itu mengantisipasi jika ada perbaikan yang menyangkut instansi tertentu. Batas waktu perbaikan berkas pencalonan hanya tiga hari dari waktu diumumkan," ujar dia.
 
Komisioner KPU Jepara Subchan Zuhri menuturkan, pengumuman hasil tes kesehatan dan berkas persyaratan akan disampaikan di hadapan paslon, pimpinan partai pengusung, dan tokoh masyarakat. Jika masih ada kesalahan, masing-masing paslon diberi kesempatan tiga hari untuk melakukan perbaikan berkas persyaratan.
 
"Setelah masa perbaikan selama tiga hari, KPU masih harus meneliti berkas perbaikan kembali. Kemudian hasilnya baru akan diumumkan pada 24 Oktober sekaligus penetapan pasangan calon," kata Subchan.
 
Proses penelitian syarat calon ini sebagaimana diatur di dalam PKPU RI Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan KPU RI Nomor 3 Tahun 2016 tentang Tahapan, Progam dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2017. Tahapan penelitian syarat calon ini mulai 23 hingga 29 September 2016.


(TTD)