Terkendala Administrasi, 10 Desa tak Bisa Cairkan Dana Desa

Iswahyudi    •    Jumat, 23 Sep 2016 16:08 WIB
dana desa
Terkendala Administrasi, 10 Desa tak Bisa Cairkan Dana Desa
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Kendal: Sebanyak 10 desa di Kabupaten belum bisa mencairkan Dana Desa tahap satu karena tekendala administrasi. Padahal, 256 desa lainnya sudah mengajukan pencairan Dana Desa tahap dua.

"Akibatnya, pembangunan di 10 desa tersebut menjadi terhambat karena dana masih berada di kas daerah Pemerintah Kabupaten Kendal," kata Kepala Bapermas Pemdes Subaidi, Jumat (23/9/16).

Subaidi mengimbau kepada 10 desa agar segera menyelesaikan administrasi. Sehingga Dana Desa bisa segera dicairkan dan pembangunan di desa mereka tidak terhambat.

Menurut Subaidi, 10 desa yang belum menyelesaikan administasi Dana Desa tahap pertama, yaitu satu desa di Kecamatan Kaliwungu Selatan, tiga desa di Sukorejo, lima desa di Kaliwungu, dan satu desa di Cepiring. ''Kebetulan empat kecamatan tersebut memang tidak ada pendampingnya,'' jelas Subaidi.

Rencana awal, lanjut Subaidi, setiap desa akan didampingi satu orang petugas untuk membantu masalah administrasi. Namun, kenyataanya sekarang satu kecamatan hanya satu petugas. Dari 19 kecamatan di Kabupaten Kendal, hanya ada 15 pendamping desa.

"Yang mempunyai kewenangan untuk mengangkat pendamping adalah pusat. Sehingga empat kecamatan belum memiliki pendamping,'' ujarnya.

Kepala Desa Harjowo di Kecamatan Sukorejo, Ida Suryanto, mengatakan, desanya belum menyelesaikan masalah administrasi karena tidak ada pendamping. Ia mengaku kesulitan saat mau konsultasi karena terkendala SDM.

Namun, sekarang masalah administrasi tersebut sudah selesai dan dalam minggu ini sudah bisa diserahkan. “Ya selama ini belum pernah ada petugas pendamping yang datang. kami harus ke kecamatan untuk konsultasi jika mengalami kesulitan,”ujarnya.


(NIN)