Warga Keluhkan Gunung Sampah di Pasar Gladak

Iswahyudi    •    Sabtu, 08 Oct 2016 12:09 WIB
sampah menumpuk
Warga Keluhkan Gunung Sampah di Pasar Gladak
Sampah di TPS Pasar Gladak menggunung menyebabkan bau busuk. Foto: Metrotvnews.com/Iswahyudi

Metrotvnews.com, Kendal: Sampah yang menggunung di tempat pembuangan sampah sementara Pasar Gladak, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, dikeluhkan warga. Sampah yang berserakan hingga ke tepi Jalan Kaliwungu-Boja membuat suasana kumuh dan kotor. Pengunjung pasar mengaku merasa terganggu.
 
Pantauan Metrotvnews.com, sampah yang menumpuk juga menyebabkan kemacetan. Saat hujan mengguyur, bau busuk menguar.
 
Wawan, 42, warga Desa Sarirejo, Kaliwungu, mengatakan jika kondisi sampah yang menumpuk dan bercecer sudah menjadi pemandangan setiap hari.

“Setiap hari sampah memang diambil petugas menggunakan truk. Tapi, tidak seluruhnya. Truk hanya mengambil satu kali,” kata Wawan, Sabtu (8/10/2016).
 
Keluhan polusi udara yang timbul dari bau busuk sampah juga dikeluhkan Supardi, warga Kaliwungu Selatan. Menurutnya, saat hujan dan Sungai Kaliaji meluap, sampah-sampah itu memenuhi jalan.

“Apalagi banyak talud sungai jebol dan membuat sampah semakin tersebar ke mana-mana," kata Wawan
 
Kepala UPTD I Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Ciptaru) Kendal, Sugiyono, mengatakan petugas setiap hari selalu mengambil sampah di Pasar Gladak, tapi hanya sekali karena keterbatasan armada.
 
“Kami hanya menyediakan tiga armada untuk Kecamatan Kaliwungu, Brangsong, Kendal, Patebon, dan Cepiring. Jadi, hanya bisa sekali mengangkut di setiap kecamatan," kata dia.


(UWA)