Pramuka Bisa Tangkal Narkoba

Iswahyudi    •    Jumat, 18 Nov 2016 10:34 WIB
pramuka
Pramuka Bisa Tangkal Narkoba
Pelantikan kwartir ranting Weleri, Kendal, Jateng. (Metrotvnews.com/Iswahyudi)

Metrotvnews.com, Kendal: Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan di Kendal, Jawa Tengah sudah mengkhawatirkan. Pasalnya, kini para pemasok menyasar pelajar sebagai korbannya. Untuk menangkis, setiap sekolah harus bisa membuat gerakan pramuka.
 
Demikian disampaikan Ketua harian Kwartir Cabang (KaKwarcab) Gerakan Pramuka Kendal, Dwianto di sela pelantikan pengurus gerakan pramuka kwartir ranting Weleri masa bakti 2016-2021. Sebab menurut Dwi, Pramuka mengajak siswa untuk menanamkan sikap jujur, tanggung jawab, gotong-royong dan menolong sesama.
 
“Pramuka harus dihidupkan sebagai penangkal kenakalan remaja dan pelajar,” katanya, di Aula Kecamatan Weleri, Jumat (18/11/2016).
 
Weleri merupakan daerah yang berbatasan dengan kabupaten lain, seperti Temanggung, Batang dan Wonosobo. Tak heran, Weleri kerap menjadi wilayah untuk melakukan transksi jual beli narkoba.
 
“Jadi wilayah Weleri dipandang strategis secara pemasaran. Tidak menutup kemungkinan para bandar memanfaatkan letak kecamatan Weleri untuk mengedarkan narkoba,” kata Kakwarcab sekaligus Kepala Dinpora Kendal.
 
Bahkan, lanjut Dwi, hampir 30 persen remaja di Weleri rata-rata sudah mencicipi atau pernah mengkonsumi narkoba dan miras. 
 
Ketua Kamabiran Weleri, Marwoto menamahkan, akan mendukung kegiatan Pramuka. Pihaknya juga menggandeng Badan Nasional Narkotika Kabupaten Kendal serta kepolisian.
 
Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Weleri, Ali Supriyanto, menyatakan, kebersamaan di antara pengurus akan mampu melaksanakan setiap kegiatan.


(SAN)