Tari Tradisional Buka Upacara Hari Pahlawan di Solo

Pythag Kurniati    •    Kamis, 10 Nov 2016 13:04 WIB
hari pahlawan
Tari Tradisional Buka Upacara Hari Pahlawan di Solo
Tari Manggala Prawirayuda saat pembukaan upacara peringatan Hari Pahlawan di Balaikota Solo, Jateng, Kamis (10/11/2016). (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Dua puluh pemuda melangkah  gagah dengan pedang dan tameng di tangannya. Tak sedikit pun nyali kecut meski pejabat dan petinggi TNI Polri mengamati gerak-gerik mereka.

Malah, mereka memain-mainkan pedang. Aneka jurus pun dikiprahkan seiring alunan gamelan di  Balaikota Solo, Kamis, 10 November 2016.

Para pemuda itu adalah anggota kelompok Wayang Orang Sriwedari. Mereka tengah memeragakan Tari Manggala Prawirayuda untuk peringatan Hari Pahlawan.

“Tari itu merupakan gambaran beratnya latihan membela negara,” ujar Kasi Kerja Sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Gembong.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang berperan sebagai inspektur upacara berpesan agar generasi penerus bersemangat menghadapi beragam tantangan yang dihadapi bangsa.

“Seberat apapun tantangannya tidak akan sedikitpun menurunkan semangat perjuangan kita,” ujar dia.

Upacara dihadiri unsur TNI dan Polri serta aparatur sipil negara jajaran Pemkot Solo. Usai upacara, peserta menuju Taman Makam Pahlawan Kusuma Bakti, Jurug untuk tabur bunga.


(SAN)