Belum Ada Parpol Mendaftar ke KPU Kota Yogya dan Kulon Progo

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 05 Oct 2017 13:03 WIB
pemilu serentak 2019
Belum Ada Parpol Mendaftar ke KPU Kota Yogya dan Kulon Progo
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta dan Kulon Progo belum menerima pendaftaran partai politik (parpol) yang bakal ikut dalam pemilu 2019.

"Sejauh ini memang belum ada parpol yang mendaftar," kata Ketua KPU Kota Yogyakarta Wawan Budianto, Kamis 5 Oktober 2017.

Wawan mengatakan, lembaganya sudah pernah mengundang perwakilan parpol untuk sosialisasi dan bimbingan teknis terkait pendaftaran. Sosialisasi dan bimbingan teknis mengenai kelengkapan persyaratan berkas dan pengisian Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Menurut Wawan, data yang harus diisi di Sipol, di antaranya data pengurus parpol pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga data pengurus dan pendukung lainnya. Data tersebut kemudian dicetak dan diserahkan ke KPU.

Jika ada ketidaksesuaian data, KPU akan mengembalikan berkas untuk dilakukan perbaikan. "Jadi, saat ini kami masih menunggu," lanjutnya.

Senada, Ketua KPU Kulon Progo Isnaini menyatakan, belum ada parpol yang menyerahkan berkas. "Bahkan, saat ini belum ada yang konsultasi," katanya.

Sebagai informasi, pendaftaran parpol ke KPU dibuka pada 3-16 Oktober 2017.


(NIN)