Penginapan di Pemandian Guci Tegal Sudah Penuh

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 25 Dec 2017 10:30 WIB
libur panjangnatal
Penginapan di Pemandian Guci Tegal Sudah Penuh
Pengunjung memadati lokasi pemandian air panas Guci, Tegal, Senin, 25 Desember 2017, Medcom.id - Kuntoro Tayubi

Tegal: Warga memanfaatkan libur panjang perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 bersama keluarga. Pemandian air panas Guci di Bumijawa menjadi salah satu tujuan wisata di masa libur panjang di Tegal, Jawa Tengah.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Guci, Abdul Haris, mengatakan tingkat hunian mencapai 100 persen. Banyak wisatawan yang memesan kamar jauh-jauh hari.

"Mayoritas pemesan kamar berasal luar kota. Mereka memesan sejak awal Desember. Mereka memesan hotel, vila, maupun home stay," kata Haris, Senin, 25 Desember 2017.

Haris mengatakan delapan hotel tersebar di Guci. Sementara jumlah vila sebanyak 12 unit dan 200 unit homestay. 

"Saat ini semua penginapan sudah penuh," ujar Haris.

Menurut Haris, wisata Guci berkontribusi menyumbang untuk PAD Tegal. Kini, kontribusi mencapai 92 persen dari target, yaitu Rp4,7 miliar. Sementara PAD yang dikumpulkan dari retribusi parkir mencapai 101 persen dari target sebesar Rp267 juta.

"Semoga akhir tahun nanti kontribusi Guci bisa mencapai 100 persen," harapnya.

Pemandian air panas Guci berlokasi kurang lebih 40 Kilometer dari Kota Tegal. Lokasi itu terkenal dengan panorama alam pegunungan.

Selain kolam, lokasi itu juga memiliki 10 air terjun. Konon, mandi di air panas Guci dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti kulit, koreng, dan tematik. 

Kawasan tersebut pun menawarkan pengalaman lain. Seperti wisata hutan, tenis, sepak bola, dan perkemahan. 

Wisata Guci berlokasi di kaki Gunung Slamet. Lokasinya berada pada ketinggian kurang lebih 1.050 meter di atas permukaan laut.



(RRN)