Tahun Depan, Pemkot Bangun Kampung Susun di Solo

Pythag Kurniati    •    Selasa, 04 Oct 2016 16:56 WIB
perumahan
Tahun Depan, Pemkot Bangun Kampung Susun di Solo
Salah satu rumah susun di kawasan Begalon, Laweyan, Solo, MTVN - Pyhtag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, menargetkan pembangunan kampung susun rampung pada 2017. Proyek yang mendapat pembiayaan dari pemerintah pusat itu bertujuan menata kawasan kumuh dan padat penduduk di Solo.

Kampung susun berlokasi di RW 11 Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres. Pemerintah kota menyediakan lahan seluas 8 ribu meter persegi untuk kawasan tersebut.

Wali Kota Solo Fx Hadi Rudyatmo mengatakan setiap bangunan di kampung susun terdiri dari lima lantai. Bangunan itu menampung seratus kepala keluarga. Lantai dasarnya digunakan sebagai tempat usaha.

“Dilengkapi saluran limbah kumunal serta saptictank yang bisa dibuat bio gas. Lalu ada jalan sepeda yang menghubungkan antar bangunan sehingga sepeda bisa masuk, bangunan tidak hanya satu bangunan namun beberapa,” ujar Rudy di Solo, Selasa (4/10/2016). 

Rudy mengatakan administrasi sosial penghuninya tak akan berubah. Sebab satu bangunan akan dihuni warga satu RT.

Rudy mengaku telah menyusun konsep kampung susun pada 2008. Namun konsep itu baru direalisasikan pada 2017.

Mengenai anggaran, Rudy mengaku masih dalam proses penghitungan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga telah meninjau lokasi. Kementerian memberikan sinyal positif konsep tersebut.

“Sudah disetujui oleh kementerian. Proyek ini belum ada di daerah lain. Sehingga otomatis Solo menjadi pilot poject dan percontohan untuk pembangunan kampung susun,” ungkap Rudy.



(RRN)