Jalur Solo-Wonogiri Berpotensi Seramai KRL Jakarta-Bogor

Pythag Kurniati    •    Kamis, 06 Oct 2016 13:53 WIB
jalur kereta api
Jalur Solo-Wonogiri Berpotensi Seramai KRL Jakarta-Bogor
KA Perintis Railbus Bathara Kresna. Foto: Metrotvnews.com/Pythag

Metrotvnews.com, Solo: PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana menambah frekuensi perjalanan Kereta Api Perintis, Railbus Bathara Kresna rute Solo-Wonogiri. PT KAI juga mewacanakan penambahan armada untuk jalur ini jika sukses menggaet penumpang.

"Jika sukses, jalur perintis Solo-Wonogiri bisa seperti (kereta api listrik/KRL) Jakarta-Bogor," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, usai menyosialisasikan keselamatan perjalanan di Stasiun Solo Kota, Kamis (6/10/2016). 

Saat ini satu KA Perintis Railbus Bathara Kresna beroperasi dari Stasiun Purwosari Solo-Wonogiri dengan dua jadwal keberangkatan yakni pukul 06.00 WIB dan pukul 10.00 WIB (empat perjalanan). Namun, lanjutnya, jumlah penumpang belum mencapai 100 persen di hari biasa.

"Meski begitu setiap hari libur kita sampai menolak penumpang. Ini berarti KA Perintis dominan digunakan untuk wisata," kata dia.

Sebelum merealisasikan penambahan frekuensi, PT. KAI terlebih dahulu mengevaluasi jalur dan kereta yang selama ini beroperasi. Belum maksimalnya tingkat keterisian kereta, kata Eko, juga disebabkan jumlah kereta api yang masih terbatas dan jadwal keberangkatan yang hanya dua kali sehari.

"Ke depan kalau permintaan masyarakat pada KA Perintis Solo-Wonogiri tinggi, kami akan menambah frekuensinya," ujarnya.


(UWA)