Pasar Gede Solo Resmi Gunakan Sistem Parkir Valet

Pythag Kurniati    •    Jumat, 07 Oct 2016 15:12 WIB
tata kota
Pasar Gede Solo Resmi Gunakan Sistem Parkir Valet
Peresmian sistem pakir valet di Pasar Gede Solo, Jumat (7/10/2016). Foto: Metrotvnews.com/Pythag

Metrotvnews.com, Solo: Pemerintah Kota Solo meresmikan sistem parkir valet di Pasar Gede Harjonagoro, Solo, Jawa Tengah, Jumat 7 Oktober 2016. 

Sistem ini memungkinkan pengguna jasa parkir mendapatkan layanan parkir hanya dengan menyerahkan kunci kendaraan kepada petugas. Selanjutnya, petugas parkir membawa kendaraan ke lokasi parkir. Petugas mengambilkan kembali kendaraan jika pengguna jasa telah selesai.

Sebenarnya sistem ini sudah diberlakukan sejak Januari 2016. Saat itu Pemerintah Kota Solo membersihkan Jalan Urip Sumoharjo, tepatnya di kawasan Pasar Gede Solo, dari aktivitas parkir. Sejumlah petugas parkir lantas memutar ide dan berinisiatif menetapkan sistem parkir valet. 

“Untuk tetap bertahan, kami mendiskusikan sistem parkir valet. Kami coba ke pelanggan, ternyata mereka senang,” kata koordinator petugas parkir, Wiwin Widyastuti.

Lahan parkir sepeda motor terletak di sebelah utara Pasar Gede, yakni sekitar 300 meter dari pintu utama. Sedangkan untuk kendaraan roda empat diparkir di Taman Parkir Mayor Kusmanto.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan peresmian parkir valet bertujuan membangun kepercayaan masyarakat terhadap petugas parkir. 

"Petugas parkir harus memenuhi beberapa syarat seperti memiliki SIM A dan SIM C. Pemkot juga akan terus mengawasi pemberlakukan sistem ini," kata Rudy, sapaan wali kota.

Jika sukses, Rudy akan mengadopsi sistem ini di lokasi lain di Kota Solo. “Di Indonesia, ini merupakan sistem yang pertama diterapkan di pasar tradisional. Ke depan kami akan terapkan di pasar-pasar tradisional yang tidak memiliki tempat parkir,” ujarnya.

Rudy yakin sistem ini bisa mengurangi kemacetan. "Lebih dari itu, sistem ini merupakan langkah menata kawasan agar tidak semrawut," kata dia.


(UWA)