Berenang di Telaga, 3 Siswa SMP Tewas

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 06 Oct 2016 18:46 WIB
tenggelam
Berenang di Telaga, 3 Siswa SMP Tewas
Ilustrasi. Foto: Antara

Metrotvnews.com, Gunungkidul: Tiga siswa SMP 3 Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tewas usai berenang di sebuah telaga, Kamis 6 Oktober 2016. Ketiga siswa itu, Aji Saputro, 14 tahun; Hengki Kurniawan, 13; dan Murgiyono 13.

Kepala Polsek Tepus, Ajun Komisaris Polisi Yulianto menuturkan kejadian nahas itu berawal saat pihak sekolah memutuskan memulangkan siswanya lebih awal sekitar pukul 11.30 WIB. Sebab, para guru akan ada acara di kecamatan lain. Menurut Yulianto, tidak semua siswa yang dipulangkan langsung menuju ke rumah.

"Para siswa diperintahkan untuk belajar di rumah. Sebagian tidak langsung pulang. Mereka pergi bermain ke telaga yang berada sekitar 300 meter dari sekolah," kata Yulianto melalui sambungan telepon.   

Menurut dia, ada sekitar 10 anak yang bermain di telaga. Dari 10 anak itu, 5 di antaranya mandi di telaga dengan kedalaman empat meter.

Teman-temanya menganggap tiga anak yang tenggelam itu bercanda dengan pura-pura tenggelam. "Setelah ditunggu beberapa menit diketahui ketiganya tenggelam," ucapnya.

Tak lama usai tenggelam, sejumlah anak berteriak minta tolong kepada warga sekitar. Kemudian, beberapa orang bergegas membantu mencari korban. Setelah 30 menit mencari, ketiga anak tersebut ditemukan di dasar telaga.

Tiga anak yang tenggelam langsung dibawa ke rumah sakit terdekat. "Setelah diperiksa memang tak ada bekas kekerasan. Jenazah telah diserahkan ke keluarga masing-masing," kata dia.

Yulianto mengatakan telaga itu sedang dalam tahap pengerukan, jadi berbahaya. "Harus ada rambu larangan berenang," kata dia.



(UWA)