30 Acara Bakal Meriahkan Festival Kartini 2017

Rhobi Shani    •    Jumat, 17 Mar 2017 15:44 WIB
30 Acara Bakal Meriahkan Festival Kartini 2017
Pelepasan balon menandai pencanangan Hari Jadi Jepara -- MTVN/Rhobi Shani

Metrotvnews.com, Jepara: April adalah bulan istimewa bagi Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dua peristiwa bersejarah bagi Jepara terjadi di bulan ke empat, yaitu hari jadi Kabupaten Jepara pada 10 April dan Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Deni Hendarko menyampaikan, bakal ada 30 acara pada Festival Kartini tahun ini. Berbagai lomba untuk anak-anak dan orang dewasa bakal digelar. Ada juga pementasan kesenian tradisional dan modern.
 
"Lokasinya tidak hanya dipusatkan di kota saja, seperti Festival Api dan Festival Ngropo diselenggarakan di Kepulauan Karimunjawa pada 14 dan 15 April 2017," kata Deni usai pencanangan Hari Jadi ke-468 Jepara di Alun-alun Jepara, Jawa Tengah, Jumat, 17 Maret 2017.

Sebagai Kota Ukir, lanjut Deni, semangat itu akan dipadukan dengan emansipasi wanita yang digelorakan R.A. Kartini. Itu dibuktikan dengan digelarnya lomba mengukir pagi perempuan pada 22 Apri 2017. Selain itu, juga akan dihelat pameran kuliner Jepara.

"Pameran kuliner akan memamerkan makan-makan yang resepnya dibuat oleh Kartini pada masa itu. Makanan-makanan ini sudah jarang dijumpai," ujar Deni.

Menurut Deni, seluruh rangkaian Festival Kartini 2017 akan dimulai pada Kamis, 23 Maret 2017 dan berakhir Minggu, 23 April 2017. Event ini diharapkan dapat mendongkrak pariwisata di Jepara.

"Kirab hari jadi Jepara tahun ini akan berbeda dari yang sebelumnya. Jika sebelumnya hari jadi Jepara ditandai dengan kirab budaya, tahun ini diubah menjadi kirab prajurit kalinyamat. Harapan kami, kirab prajurit bisa menjadi ikon wisata budaya baru di Jepara," pungkas Deni.
(NIN)