Belasan Pelajar Tepergok Mesum di Guci Tegal

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 09 Nov 2016 15:34 WIB
pasangan mesum
Belasan Pelajar Tepergok Mesum di Guci Tegal
Petugas Satpol PP mendata warga yang terjaring operasi di Tegal, Jawa Tengah. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Meteotvnews.com, Tegal: Belasan pasangan muda mudi dan pasangan selingkuh diciduk petugas Satpol PP karena tepergok mesum di sejumlah vila dan wisma di Obyek Wisata Air Panas Guci Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Mereka langsung dibawa ke Mmarkas Satpol PP untuk diberi pembinaan.

Kepala Satpol PP Pemkab Tegal, Zaenal Arifin, mengatakan razia yang dilakukan di OW Guci menjaring 18 pasang. Rinciannya, 6 pasangan selingkuh dan 12 pasangan yang belum terikat perkawinan. Ke-12 remaja itu masih berstatus pelajar dan mahasiswa. Mereka dipergoki sedang berada di dalam kamar vila SA, vila SS, dan wisma JN.

"Dalam operasi ini kami melibatkan 30 personel Satpol PP dan 4 personel dari Sub Denpom 4 Tegal," ujarnya, Rabu (9/11/2016).

Operasi itu, lanjut Zaenal, mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2011 tentang Ketertiban Umum Pasal 46 bab Tertib Sosial dan Pasal 55 bab Tertib Pariwisata. 

Menurutnya, operasi tidak hanya sekali, tapi akan dilakukan setiap beberapa hari sekali. Tujuannya, untuk mengantisipasi terjadinya kenakalan remaja dan seks bebas.

"Mereka kami beri pembinaan di markas. Kami juga menghadirkan ibu Wakil Bupati untuk memberikan pembinaan," ucapnya.

Wakil Bupati Tegal Umi Azizah mengaku kecewa dengan kejadian tersebut. Menurutnya, OW Guci bukanlah tempat mesum. Diharapkan pengelola OW Guci lebih maksimal dalam mengaasi pengunjung.

"Pasangan yang tidak sah ini kami data dan kami bina. Sehingga mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi," ujarnya.

Bagi pasangan yang berstatus pelajar dan mahasiswa, kata Umi, langsung dibebaskan. Namun, pembebasan itu bersyarat. Orang tua atau guru mereka harus menjemputnya ke markas Satpol PP. Sedangkan untuk pasangan selingkuh, harus mendatangkan kedua keluarganya.

"Dengan adanya kejadian ini, kami akan memberikan pembinaan terhadap para pemilik penginapan. Sebab, Guci bukan tempat esek-esek," kata dia.


(UWA)