Polres Batang Sekat Peserta Tamasya Al-Maidah

Antara    •    Selasa, 18 Apr 2017 16:33 WIB
pilgub dki 2017
Polres Batang Sekat Peserta Tamasya Al-Maidah
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Nurul Hidayat)

Metrotvnews.com, Batang: Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, menggelar razia menjelang tamasya Al-Maidah. Razia digelar di jalur pantai utara setempat mulai Selasa hingga Rabu, 19 April 2017.

Kepala Polres Batang AKBP Agung Juli Pramono mengatakan, kegiatan itu menyikapi kebijakan dan perintah pimpinan untuk membatasi, menyekat, dan menggagalkan upaya masyarakat yang akan tamasya Al Maidah ke Jakarta.

"Kami upayakan pencegahan dengan menyekat dan merazia apabila membawa senjata tajam atau benda lain yang membahayakan, harus pulang kembali ke kampung halamannya," katanya.

Menurut dia, pada razia tamasya Al Maidah ini, polres menurunkan 2/3 personel atau 450 anggota. Para personel dibagi dalam tiga kekuatan. 

Dalam razia kali ini, kata Kapolres, belum menemukan warga yang berangkat ke Jakarta secara rombongan. Termasuk dari organisasi kemasyarakatan. Namun, tidak menutup kemungkinan secara perorangan ikut berangkat ke Jakarta.

"Untuk perorangan, kami terus lakukan pemantauan. Razia ini kami khususkan pada kendaraan pribadi, minibus maupun bus angkutan umum," katanya.

Sebelumnya, beredar selebaran yang mengajak warga luar Jakarta mengikuti Tamasya Al-Maidah. Tujuannya, mengawasi proses pemilihan Pilkada DKI yang digelar pada 19 April.
 
Dalam poster tersebut dijelaskan, program Tamasya Al Maidah adalah aksi bela Islam. Panitia acara mengajak umat Islam di luar Jakarta mendatangi TPS-TPS di Ibu Kota.

Polda Metro Jaya bersama KPU DKI dan Bawaslu DKI mengeluarkan maklumat bersama. Isinya, larangan mobilisasi massa pada hari pemungutan suara putaran dua Pilkada DKI Jakarta. Warga yang nekat datang bakal dipulangkan.


(SAN)