Sultan Sumbang Tujuh Sapi ke Masyarakat Yogyakarta

Patricia Vicka    •    Rabu, 30 Aug 2017 13:56 WIB
iduladha 2017
Sultan Sumbang Tujuh Sapi ke Masyarakat Yogyakarta
Tujuh Sapi kurban diberikan ke perwakilan masyarakat di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Rabu 30 Agustus 2017. Foto: MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Raja Yogyakarta Sri Sultan Hemengku Buwono X memberikan Sapi Kurban kepada masyarakat Yogyakarta. Tujuh Sapi kurban diberikan ke perwakilan masyarakat di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Rabu 30 Agustus 2017.

Kepala Bidang Humas Dinas Komunikasi dan Informasi Pemda DIY Amiarsi Harwani menjelaskan satu ekor Sapi diberikan ke Puro Pakualaman, satu ekor ke Masjid Gedhe Kauman dan lima ekor diberikan ke pemerintah Kabupaten dan kota di DIY.

"Jumlah kurbannya sama seperti tahun lalu. Tahun ini kami juga dapat satu ekor Sapi dari Presiden Jokowi berbobot 900 kg,"kata Ami di kompleks Kepatihan Yogyakarta.

Sapi kurban presiden Jokowi diserahkan ke masyarakat Bantul.  Bantul dipilih karena memiliki penduduk miskin terbanyak ke-tiga setelah Kulonprogo dan Gunungkidul. "Gantian. Tahun lalu sapi sudah ke Gunung Kidul dan tahun sebelumnya ke Kulonprogo,"jelas Ami.

Sapi Presiden Jokowi akan disalurkaan ke Bantul satu hari sebelum pelaksaan Iduladha agar petugas bisa melakukan pemeriksaan kesehatan.

Menurut Ami, pemberian Sapi ini merupakan wujud syukur Raja Yogyakarta ini kepada masyarakat DIY. Sapi-sapi ini dibeli dari peternak di lereng Gunung Merapi Sleman.

Sementara itu Kepala Sub Bagian Perindustrian dan Perdagangan Biro Adminitrasi Perekonomian dan Sumber Daya Sekertaris Daerah DIY Suwarsih menegaskan stok hewan kurban di DIY melebihi permintaan kurban masyarakat.

Tahun ini ada total 72.484 ekor sapi, 98.043 domba, dan 52.146 kambing yang akan dikurbankan. Pihaknya mewajibkan seluruh sapi sehat untuk memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).


(SUR)