Ribuan Makam di Kendal Terdampak Proyek Tol Semarang-Batang

Iswahyudi    •    Senin, 18 Sep 2017 16:24 WIB
tol
Ribuan Makam di Kendal Terdampak Proyek Tol Semarang-Batang
Makam di Desa Kertomulyo, Kendal, Jawa Tengah, yang terdampak proyek pembangunan tol Semarang-Batang -- MTVN/Iswahyudi

Metrotvnews.com, Kendal: Ribuan makam di Kabupaten Kendal terdampak proyek jalan tol ruas Semarang-Batang. Makam tersebut tersebar di empat desa, yaitu Desa Kertomulyo, Penjalin, Magelung, dan Desa Sumberejo.

"Jumlah pastinya saya tidak tahu persis. Tapi, lebih dari 3.000 makam yang terkena proyek tol untuk seksi empat," kata Humas PT Waskita Karya seksi IV Agus Setiawan di Kendal, Jawa Tengah, Senin 18 September 2017.

Agus menjelaskan, pihaknya butuh waktu untuk memiindahkan ribuan makam tersebut. Rata-rata, makam dipindahkan ke sisi utara jalan tol. Hal ini sesuai dengan kesepakatan warga maupun ahli waris.

Kepala Desa Sumberejo Moh. Sugeng menambahkan, tol yang menerjang pemakaman di desanya masuk wilayah RW 2. Ada 774 makam yang terdampak tol di wilayahnya.

Namun, lanjut Sugeng, pihaknya tidak tahu jumlah makam yang sudah dipindahkan hingga saat ini. Berdasarkan data yang diterima, baru 71 makam yang dipindahkan.

"Panitia pemindahan makan terdiri dari Ketua RW, Ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan ahli waris. Mereka berkoordinasi untuk menyelesaikan permasalahan," jelas Sugeng.

Hingga kini, progres pembangunan fisik proyek tol ruas Semarang-Batang mencapai 47%. Sementara, pembebasan lahan yang sudah dibayarkan menurut BPN (Badan Pertanahan Nasional) sekitar 61 persen.


(NIN)