TNI AD Bersiap Terjunkan Pasukan Bebaskan Warga Tembagapura

Yuki Pramudya    •    Sabtu, 11 Nov 2017 16:02 WIB
kelompok bersenjata di papua
TNI AD Bersiap Terjunkan Pasukan Bebaskan Warga Tembagapura
Ilustrasi penembakan, Metrotvnews.com

Magelang: TNI Angkatan Darat bersiap menerjunkan pasukan untuk membebaskan ribuan warga yang disandera di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. Penyanderaan dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) sejak tiga hari lalu.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (JSAD) Jenderal Mulyono mengatakan penyanderaan dilakukan pada 1.300 warga sipil di Kampung Kimberly dan Kampung Banti. TNI, ujarnya, bersiaga menurunkan pasukan yang memiliki keahlian khusus untuk membebaskan sandera.

"Tapi sejauh ini, Panglima TNI menghendaki pembebasan secara persuasif untuk menjamin keselamatan para sandera," ujar Mulyono saat meresmikan Prasasti Tulisan Tangan Presiden pertama RI Soekarno di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Sabtu 11 November 2017.

Hingga kini, KKB terindikasi sebagai bagian dari Organisasi Papua Merdeka (OPM). TNI bekerja sama dengan Polri masih bernegosiasi membebaskan sandera.

Baca: Polres Mimika Papua Tetapkan 21 Orang Masuk DPO

Sementara itu, Polres Mimika, Papua, menetapkan 21 pelaku berbagai aksi teror di Tembagapura masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Selain menyandera warga, mereka juga melakukan penembakan terhadap anggota Brimob dan warga sipil.

Lihat video: 



(RRN)