Tanggul Sungai Ambrol, Puluhan Hektare Sawah Terancam Kebanjiran

Rhobi Shani    •    Rabu, 20 Dec 2017 15:13 WIB
pangancuaca ekstrem
Tanggul Sungai Ambrol, Puluhan Hektare Sawah Terancam Kebanjiran
Tanggul Sungai Welahan Drainase (SWD) II ambrol karena tak kuat menahan debit air. Foto: Medcom.id/Rhobi Shani

Jepara: Hujan mengguyur wilayah Kabupaten Jepara belakangan dan membuat debit air Sungai Welahan Drainase (SWD) II naik. Akibat tidak kuat menahan gerusan aliran air, tanggul sungai ambrol.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara Pujo Prasetyo mengungkap tanggul sungai ambrol sepanjang lima meter. Tanggul segera ditangani karena dikhawatirkan dapat membuat 30 hektare sawah diserbu banjir.

"Kalau jebol 30 hektar lebih area persawahan bakal kebanjiran,” ungkap Pujo di lokasi tanggul ambrol, Rabu, 20 Desember 2017.

Ambrolnya tanggul sungai lantaran tidak kuat menahan gerusan dan meningkatnya debit air sungai. Titik tanggul yang ambrol merupakan pertemuan aliran Sungai Mayong Kidul dan Sungai Pengairan.

Tahun 2014, tanggul sungai pernah ambrol selebar empat meter dan langsung diperbaiki. Lantas, lagi-lagi tanggul ambles di titik yang sama.

Agar tanggul yang ambrol tidak melebar, Pujo menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi denga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Pihaknya berharap, dalam waktu dekat dapat dilakukan perbaikan.

 “Untuk masalah ini bukan wewenang kami, tapi ada di Balai Besar Wilayah Sungai. Teknis, kami berkoordinasi dengan dinas terkait,” pungkas Pujo. 


(SUR)