Puncak Arus Balik Diprediksi 1 Januari 2018

Kuntoro Tayubi    •    Jumat, 29 Dec 2017 06:00 WIB
perayaan natal dan tahun barulibur panjang
Puncak Arus Balik Diprediksi 1 Januari 2018
Kapolda Irjen Condro Kirono saat memantau arus balik liburan Natal dan tahun baru di Batang, Jawa Tengah. Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi

Batang: Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono, memprediksi puncak arus balik libur panjang Nataru, akan terjadi pada Senin, 1 Januari 2018. Kapolda mencatat Kota Pekalongan menjadi titik krusial daerah rawan terjadi kemacetan.

Condro mengaku pihaknya sudah mengantisipasi kemungkinan adanya serbuan kendaraan arus balik, khususnya dari arah timur (Semarang) ke barat (Jakarta). Yakni, dengan  menyiapkan jalur alternatif dan memfungsikan jalan tol darurat.

"Salah satu titik kemacetan ada di Kota Pekalongan. Tadi saya juga melihat jalur alternatif, manakala terjadi kemacetan di Kota Pekalongan. Yaitu melintasi akses tol fungsional Batang dan keluar di Kota Pekalongan. Tapi ada ruas jalan yang masih tanah, jadi kalau kondisinya hujan tidak bisa dilewati," katanya, saat berada di Kabupaten Batang, Kamis, 28 Desember 2017.

Condro menambahkan penggunaan jalan tol fungsional nantinya digunakan apabila terjadi kepadatan kendaraan arus balik di Kota Pekalongan. Sehingga, pihaknya berharap agar kendaraan berat seperti truk gandeng dan kontainer non sembako tidak melintas di jalur mudik seperti himbauan dari Kementrian Perhubungan.

"Jadi, kami berharap larangan oprasional angkutan berat melintas di jalur mudik dari Kemenhub, mulai tanggal 29 Desember 2017, bisa dipatuhi. Namun apabila masih jalan, akan kami kandangkan atau ditarik ke kantong-kantong parkir," lanjutnya.

Condro kembali menegaskan, jalan tol fungsioanal Batang hanya akan dioprasioanalkan jika terjadi kemacetan di Kota Pekalongan dan jika kondisi cuaca tidak hujan.

“Karena yang paling krusial cuma di Pekalongan saja. Lepas dari Pekalongan, masuk ke Pemalang, Tegal, Brebes dan masuk tol, tidak ada masalah,” pungkasnya.

 


(DMR)