Ratusan Rumah di Kota Tegal Terendam Banjir

Kuntoro Tayubi    •    Sabtu, 10 Feb 2018 14:11 WIB
banjirbencana banjir
Ratusan Rumah di Kota Tegal Terendam Banjir
Banjir menggenangi pemukiman warga di Kota Tegal, Jawa Tengah. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)

Tegal: Hujan deras yang mengguyur Kota Tegal, Jawa Tengah, pada Jumat 9 februari 2018, sore, menyebabkan sungai Kemiri meluap. Akibatnya, ratusan rumah di Kota Tegal, Jawa Tengah, terendam banjir hingga satu meter. 

Salah satu warga Kelurahan Sumurpanggang, Sakim, mengatakan banjir merendam rumah warga sejak Jumat malam, setelah sore harinya diguyur hujan deras. Ketua RT 06 RW 1 ini menyebut, banjir menggenangi sekitar 900 rumah warga. 

“Genangan banjir juga mengakibatkan akses warga keluar pemukiman terganggu. Sebab ketinggian di jalan kampung mencapai satu meter,” katanya, di lokasi banjir, Sabtu 10 Februari
2018.


Banjir menggenangi pemukiman warga di Kota Tegal, Jawa Tengah. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)

Selain rumah, Sakim mengungkap, sejumlah sekolah mulai taman kanak-kanak hingga sekolah menengah pertama juga tergenang banjir hingga 40 sentimeter. Akibatnya ratusan siswa terpaksa diliburkan.

Kini, kata Sakim, korban terdampak banjir ditampung di sejumlah lokasi di antaranya musala, masjid dan kantor Kecamatan Margadana. Pemerintah Kota Tegal melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga telah menyalurkan bantuan pangan.

“Posko kesehatan dari PMI dan Dinas Kesehatan Kota Tegal juga telah disiagakan di tiga lokasi pengungsian tersebut,” ungkapnya.

Banjir di Kota Tegal terjadi akibat meluapnya sungai kemiri yang tak mampu menampung volume air setelah diguyur hujan deras lebih dari empat jam. Sementara, dua dari empat pintu air di Bendung Sidapurna tertutup oleh sampah.


Sungai Kemiri yang sempat meluap. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)


(LDS)