Museum Keris Solo Dapat Hibah 336 Keris dari 20 Kolektor

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 12 Nov 2016 15:01 WIB
museum
Museum Keris Solo Dapat Hibah 336 Keris dari 20 Kolektor
Museum Keris Solo akan dibuka Desember 2016. Foto: Metrotvnews.com/Pythag

Metrotvnews.com, Solo: Sebanyak 20 kolektor menghibahkan ratusan keris untuk Museum Keris Kota Solo, Jawa Tengah. Pernyataan tersebut dikemukakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Eny Tyasni Suzana.

"Ada 20 kolektor dari Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo, Boyolali, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, dan Klaten," kata Eny, Sabtu (12/11/2016).

Sebanyak 20 kolektor, lanjutnya, secara keseluruhan menghibahkan 336 keris untuk Museum Keris yang rencananya diresmikan awal Desember 2016. "Tidak ada imbal balik apapun. Hibah ini murni kepedulian masyarakat untuk Museum Keris," kata dia.

Sebagai tindak lanjut hibah keris, Pemerintah Kota Solo akan mendata keris sebagai aset pemkot. "Kami harus menghitung berapa nilainya sebagai langkah pendataan aset. Kemungkinan pendataan mulai dilakukan tahun depan," kata Eny.

Pendataan nilai keris, kata dia, akan menggandeng kurator dan tim ahli di bidang perkerisan. "Sebab, merekalah yang benar-benar mengerti mengenai keris," ujar dia.

Sedangkan perihal perkembangan pembangunan Museum Keris di Jalan Bhayangkara, Solo, Eny menuturkan saat ini masih dalam tahap merampungkan diorama dan jejak sejarah (story line).

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga masih membenahi ventilasi udara dan saluran air di lantai dasar.

"Diorama dan story line ditarget rampung akhir November. Rencananya Desember museum sudah bisa dibuka untuk umum," kata dia.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengatakan keberadaan Museum Keris akan memberikan edukasi budaya bagi generasi muda. Terlebih UNESCO telah mengakui keris sebagai warisan nonbendawi.

"Museum Keris juga akan menjadi destinasi wisata baru di Kota Solo," kata Rudy.


(UWA)