Ultah ke-260, Ciri Khas Yogyakarta Memudar

Patricia Vicka    •    Jumat, 07 Oct 2016 16:04 WIB
hut kota yogyakarta
Ultah ke-260, Ciri Khas Yogyakarta Memudar
Kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, kerap mengalami kemacetan. Foto: Metrotvnews.com/Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kota Yogyakarta berulang tahun ke-260 pada Jumat 7 Oktober 2016. Namun, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Pemkot Yogyakarta untuk membenahi kota berjuluk Kota Budaya ini. 

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengatakan Kota Yogyakarta kini mulai berubah menjadi kota besar yang memunculkan problematika tata kota. kemacetan, genangan air, pembangunan hotel, dan apartemen.

"Perubahan lingkungan fisik, budaya, dan sosial membuat warga Kota Yogyakarta butuh ruang bersama untuk berekspresi," ujar Eko, di Yogyakarta, Jumat (7/10/2016). 

Ia menilai pemkot perlu segera memperbaiki tata ruang, tata kota, serta mengembalikan kualitas lingkungan hidup yang sehat. 

"Investasi dan pembangunan ekonomi tidak boleh hanya untuk keuntungan kelompok besar. Rakyat biasa butuh difasilitasi agar sama-sama sejahtera," kata politisi PDI Perjuangan ini. 

Hal serupa juga dikatakan Ketua DPRD Kota Yogyakarta Sujanarko. Ia melihat ciri khas budaya di kampung-kampung Kota Yogyakarta mulai pudar digerus modernitas. 

Di momen ulang tahun ini, dia meminta Pemkot Yogyakarta mengembalikan roh dan ciri khas budaya Yogyakarta. Misalnya, mengangkat kembali potensi dan kebudayaan di kampung- kampung agar menjadi magnet pariwisata. 

"Contoh di Kampung Wirobrajan yang dulunya kampung tempat tinggal prajurit keraton Wiropraja. Bisa dihadirkan ciri khas prajurit keratonnya," kata dia.

Pria yang akrab disapa Koko ini juga mendesak pemerintah memperbaiki pembangunan menara komunikasi yang semakin semerawut, termasuk mengerem pembangunan hotel. 

Memperingati HUT ke-260 Kota Yogyakarta, pemkot menggelar  Jogja Night Carnival. Carnaval bertema wayang ini akan dilakukan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman menuju Tugu Yogyakarta dan berakhir di jalan Margoutomo dari pukul 18.30 WIB hingga 22.00 WIB.

Seluruh perwakilan kecamatan di Kota Yogyakarta akan menampilkan kesenian dan parade kostum tokoh wayang untuk menyemarakkan perayaan ulang tahun.
(UWA)