Berwisata Land Mark Dunia di Merapi Park

Ahmad Mustaqim    •    Minggu, 17 Sep 2017 13:20 WIB
wisata
Berwisata Land Mark Dunia di Merapi Park
Merapi Park di Hargobinangun, Pekam, Sleman. (MTVN-Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Berwisata di Yogyakarta tak melulu harus mengunjungi pusat kota, seperti kawasan Malioboro dan Keraton Yogyakarta. Di kabupaten lain di daerah ini memiliki berbagai obyek wisata yang rekomendasi dikunjungi. 

Di Kabupaten Sleman, obyek wisata Merapi Park bisa menjadi pilihan. Lokasi wisata yang beralamat di Jalan Kaliurang Km. 25 Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan obyek baru untuk menikmati akhir pekan. Merapi Park baru dibuka pada akhir Juni 2017 lalu. 


Bangunan menyerupai Kincir angin, ikon negara Belanda

Obyek wisata Merapi Park merupakan wisata yang menyerupai ruang terbuka hijau yang sejuk nan asri. Tempatnya berdekatan dengan Museum Taman Nasional Gunung Merapi. Hampir tiap jengkal kawasan wisara Merapi Park ditanami tumbuhan. Berada tak jauh dari obyek wisata Kaliurang, udara di tempar tersebut sangat segar. 

Tak sekadar menikmati udara, di Merapi Park terdapat berbagai bangunan ikon atau land mark negara-negara di dunia. Mulai ikon patung Liberty (Amerika), menara jam, kotak pos, dan telepon umum (Inggris), menara Eiffel (Perancis), kincir angin (Belanda), hingga menara Pisa (Italia). 


Bangunan menyerupai menara jam di London, Inggris.

Ikon negara-negara itu dibuat hampir menyerupai aslinya. Meskipun, secara ukuran tentu berbeda dengan bangunan asli di negara pemilil ikon. Untuk masuk di obyek wisata ini cukup keluar uang Rp15 ribu. 

Desi Sri Rahayu, 24, warga Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, menjadi salah satu wisatawan yang terlihat santai menikmati wisata di Merapi Park. "Udaranya seger. Apalagi banyak pepohonan," kata Desi di Merapi Park pada Minggu, 17 September 2017. 

Bersama sejumlah rekannya, Desi berulangkali mendongakkan mukanya menghirup udara bersih di kawasan Merapi Park. Selain itu, ia juga beberapa kali melakukan foto bersama atau pun swafoto. 

Berbagai warga Yogyakarta menjadi Merapi Park tujuan wisata baru bersama keluarga. Ada ratusan wisatawan yang mengunjungi lokasi wisata itu. 

Selain warga Yogyakarta, adapula sejumlah wisatawan sejumlah daerah. Supriyanti, 28, merupakan salah satu wisatawan asal Bintan, Kepulauan Riau. 

Supriyanti mengaku mengetahui Merapi Park dari temannya yang sudah lebih dulu berkunjung. "Kalau cuaca terang bisa melihat Gunung Merapi. Jadi bagus pemandangannya," ucapnya. 

Berwisata di Merapi Park tentu bisa jadi salah satu pilihan karena masih dalam pengembangan di sejumlah titik. Berwisata di Merapi Park sekaligus bisa jadi pilihan keluarga yang hendak mengenalkan sejumlah bangunan ikon sejumlah negara di dunia kepada buah hatinya. 


(ALB)