Film G30S/PKI bakal Diputar di Balai Desa dan Sekolah

Patricia Vicka    •    Rabu, 20 Sep 2017 13:08 WIB
peringatan g 30 s pki
Film G30S/PKI bakal Diputar di Balai Desa dan Sekolah
Komandan Daerah Militer 072/Pamungkas Brigjen Fajar Setyawan. MTVN/Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: TNI akan menggelar nonton bareng (nobar) film G30S/PKI di daerah-daerah. TNI Angkatan Darat kini sedang menyusun jadwal pemutaran film hingga level desa di Yogyakarta.

Komandan Daerah Militer 072/Pamungkas Brigjen Fajar Setyawan mengatakan, telah menginstruksikan nobar bersama warga di kantor Kodim dan Koramil. Film juga akan diputar di tempat umum.

"Kita akan putar sampai Koramil. Teknisnya nanti nonton di Balai Desa, sekolahan, atau tempat umum lainnya biar bisa ditonton umum," katanya usai rapat Kesbangpol Nasional di Hotel Rich Sahid Yogyakarta, Rabu 20 September 2017.

Fajar menambahkan, film sudah bisa diputar mulai hari ini secara bergantian di tiap Kodim. Nobar terbuka untuk umum dan gratis. "Instruksi nonton 1 Oktober, tapi di sini sudah mulai bisa ditonton hari ini sampai menjelang HUT TNI 5 Oktober nanti," jelasnya.

Jika antusiasme warga tinggi, jadwal pemutaran film pun bisa lebih dari sekali. Untuk menjaga keamanan, pihak sudah menyiapkan tim pengamanan khusus agar tidak terjadi bentrok.

"Saya pastikan aman. Semua warga kami imbau ikut menonton. Supaya masyarakat bisa mengetahui fakta sejarah di masa lalu. Bahwa penghianatan PKI begitu kejam. Sehinga anak muda bisa memahami bahaya laten PKI," pungkasnya.

Di tempat yang sama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X membebaskan warga menonton film G30S/PKI. Hanya, ia mengimbau agara orang tua ikut mendampingi anak-anak selama menonton mengingat ada banyak adegan kekerasan di dalem film.


(ALB)