Sudirman Said Menyoroti Angka Kemiskinan di Jateng

Mustholih    •    Senin, 31 Jul 2017 02:19 WIB
pilkada 2018
Sudirman Said Menyoroti Angka Kemiskinan di Jateng
Mantan Menteri Energi, dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, menggalang dukungan politik di depan seratusan mahasiswa di Semarang. Foto: Mustholih/MTVN

Metrotvnews.com, Semarang: Mantan Menteri Energi, dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said menyoroti angka kemiskinan di Jawa Tengah di bawah kepemimpinan Ganjar Pranowo. Jawa Tengah dinilai memberi kontribusi 15 persen pada keseluruhan angka kemiskinan di Indonesia.

"Memang betul secara statistik, di banyak kabupaten dan desa di Jateng, kemiskinan termasuk yang lumayan banyak. Bahkan hitungan saya penduduk miskin se-Indonesia, 15 persen ada di Jateng," kata Sudirman di Semarang, Jawa Tengah, Minggu malam, 30 Juli 2017.

Sudirman tidak menjelaskan detail jumlah masyarakat miskin di Jawa Tengah. Tapi, ia mengaku sebagai salah seorang yang pernah merasakan hidup miksin di kampungnya, Brebes, Jateng. "Saya punya pengalaman personal, karena hidup di daerah sangat miskin, Brebes," ujar Sudirman.

Baca: 15 Daerah Jateng Masuk Zona Merah Kemiskinan

Kemiskinan pula yang memotivasi Sudirman memutuskan maju sebagai salah satu kandidat gubernur pada pilkada Jateng 2018. Meski belum punya kendaraan politik, Sudirman menyatakan ingin memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi di Jateng.

"Lokasi strategis Jateng bisa lebih optimal memperbaiki ruang pertumbuhannya. Mengapa di Jateng? karena banyak sekali kantong-kantong kemiskinan," pungkas Sudirman.


(AZF)