Polres Gunungkidul Razia Tutup Tangki

Ahmad Mustaqim    •    Minggu, 23 Jul 2017 16:56 WIB
razia
Polres Gunungkidul Razia Tutup Tangki
Foto ilustrasi. (Pixabay.com/paulbr75)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Polres Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta menggalakkan razia kendaraan bus dan truk besar. Razia itu dikhususkan pada tutup tangki solar kendaraan lantaran akrab menjadi penyebab kecelakaan. 

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Gunungkidul, AKP Samiyono mengatakan sejumlah kecelakaan di Gunungkidul, yakni Jalan Yogyakarta-Wonosari, salah satunya diakibatkan solar yang tercecer. Ia menduga, keberadaan ceceran solar itu akibat kendaraan diisi solar terlalu penuh. 

"Ceceran solar sangat bahaya kalau dibiarkan. Meskipun, korban kecelakaan biasanya hanya luka ringan," ujar Samiyono saat dihubungi pada Minggu, 23 Juli 2017. 

Selain memantau mobil besar yang melintas, polisi juga menyiapkan serbuk bekas kayu yang digergaji. Serbuk itu dipakai untuk menutupi apabila ada bekas solar yang tercecer. 

Samiyono juga mengatakan aparat memeriksa hampir setiap mobil besar yang lewat. "Kami juga mengingatkan si sopir agar menutup tangki dengan rapat," kata dia. 

Sejauh ini, lanjutnya, pihaknya belum menemukan mobil yang tutup solarnya tak sempurna. Jika menemukan mobil yang tangkinya tak tertutup sempurna bakal dikenai tindakan. "Jika menemukan mobil yang tangki tidak tertutup sempirna, sopir kami tilang," ungkapnya. 

Samiyono mengingatkan pengendara roda dua lebih berhati-hati jika melintas di sejumlah ruas jalan kawasan Gunungkidul. Beberapa titik yang rawan kecelakaan akibat ceceran solar yakno kawasan Hutan Tleseh, tikungan Putat, Slumprit, Kalipetung, Ngembes, dan Watuondo. 

"Selain kami melakukan tindakan, pengendara harus juga berhati-hati demi keselamatan bersama," katanya. 


(SAN)