Biro Umrah Janji Berangkatkan Jemaah

Patricia Vicka    •    Senin, 21 Aug 2017 19:18 WIB
ibadah umrahkemelut first travel
Biro Umrah Janji Berangkatkan Jemaah
Kantor Biro umrah Amanah di Yogyakarta. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemilik biro umroh Amanah, Yuli Astuti membantah telah menipu dan tidak bertanggung jawab atas keberangkatan sembilan kliennya. Dia berjanji akan memberangkatkan mereka ke Tanah Suci pada akhir tahun ini. 

"Semua klien yang belum terbang, akan kami berangkatkan usai lebaran haji, sekitar November atau Desember 2017. Yang membatalkan keberangkatan, kami kembalikan uang mereka," tegasnya saat ditemui di kantornya di kampung Pathuk, Ngampilan Yogyakarta, Senin, 21 Agustus 2017.

Baca: LKY Ancam Seret Pengelola Biro Umrah Amanah ke Polisi

Ia menjelaskan seharusnya sembilan orang tersebut berangkat pada 9 Juni 2017 bersama 21 orang lainnya. Namun, sehari jelang keberangkatan, izin dan paspor sembilan calon jemaah umrah tersebut tidak keluar.

Ihwal ini, Yuli mengaku telah ditipu oleh rekannya sesama biro umrah dan haji. Rekanan Amanah yang berlokasi di Jakarta tersebut bertugas memproses perizinan calon jemaah.

"Kami sudah mengirimkan semua data dan informasi ke 30 calon jamaah kami. Namun sehari sebelum keberangkatan, biro rekanan kami malah memasukkan sembilan nama orang lain. Sehingga sembilan klien kami tidak keluar izinnya dan tidak bisa berangkat," tuturnya.

Pihaknya sudah mengkomunikasikan dan meminta maaf secara langsung kepada sembilan orang atas kegagalan ini. 

Yuli menjelaskan sejak didirikan pada 2015, biro Amanah sudah memberangkatkan sekitar 300 orang. (Baca: Muncul Korban Biro Umrah Mirip First Travel di Yogya

Kasus dugaan penipuan ini mencuat setelah para klien biro Amanah melapor ke Lembaga Konsumen Yogayakarta (LKY). Sekretaris LKY Dwi Priyono menegaskan akan memediasi kasus ini. Bila tak ada solusi pihaknya akan membawa kasus ini ke ranah hukum.


(SAN)