69 Ton Logistik Dikirim dari Jawa Tengah untuk Korban Gempa NTB

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 11 Aug 2018 12:29 WIB
Gempa Lombok
69 Ton Logistik Dikirim dari Jawa Tengah untuk Korban Gempa NTB
Pengiriman puluhan ton bantuan dari Jawa Tengah ke Lombok melalui Lanud Adi Soemarmo, Jawa Tengah, Sabtu, 11 Agustus 2018. Medcom.id/ Pythag Kurniati.

Boyolali: Puluhan ton bantuan logistik diberangkatkan ke wilayah gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Sabtu pagi ini, 11 Agustus 2018.

Pemberangkatan bantuan dilakukan langsung oleh Pangdam IV/Diponegro Mayjen TNI Wuryanto, Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono serta Danlanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Indan Gilang.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono mengatakan, bantuan sebanyak 69 ton ini dikumpulkan dari seluruh Polres dan Kodim di wilayah Jawa Tengah.

"Terdiri dari selimut, tenda, beras, obat-obatan, makanan instan, susu, popok, pampers dan lain sebagainya,' ungkap Condro Kirono kepada wartawan, Sabtu, 11 Agustus 2018.

Sementara itu Danlanud Adi Soemarmo, Kolonel Pnb Indan Gilang menjelaskan, pengiriman 69 ton bantuan akan dilakukan dalam beberapa tahapan. Tahap pertama, TNI AU mengerahkan empat pesawat.

Yakni satu pesawat Hercules C-130, dua pesawat tipe CN-295 dan satu pesawat tipe CN-235. Khusus hari ini, direncanakan 25 ton bantuan terkirim ke lokasi gempa di Lombok, NTB.

"Sisanya nanti kami akan berkoordinasi dengan Mabes AU. Hari Senin atau Selasa kami harap seluruh logistik yang terkumpul bisa terkirim," jelas Danlanud.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto menjelaskan, bantuan yang terkumpul merupakan wujud kepedulian seluruh masyarakat Jawa Tengah. Bantuan tersebut dikoordinasikan oleh Kodim dan Polres se-Jateng dan diteruskan ke posko bantuan Lombok di Lanud Adi Soemarmo.

Selain dalam bentuk barang, Wuryanto mengimbau masyarakat menghimpun bantuan dalam bentuk uang tunai untuk membantu para korban gempa di Lombok. "Uang pun bisa digunakan membantu langsung, seperti misalnya memperbaiki rumah-rumah korban gempa yang rusak," pungkas Wuryanto.

Tak hanya memberangkatkan puluhan ton bantuan bagi korban gempa, Jawa Tengah juga memberangkatkan 42 relawan ke Lombok hari ini. Relawan berasal dari beberapa komunitas di Jawa Tengah.


(DEN)