Warga Dapat Masuk ke Kamar Bung Karno di Solo

Pythag Kurniati    •    Kamis, 22 Sep 2016 15:38 WIB
pemerintah kota
Warga Dapat Masuk ke Kamar Bung Karno di Solo
Wali Kota Solo menunjukkan kamar Bung Karno di Loji Gandrung, MTVN - Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Warga dapat menggelar beragam kegiatan di rumah dinas wali kota Solo, Jawa Tengah, yang terkenal dengan sebutan Loji Gandrung. Namun kunjungan ke kamar yang menjadi peristirahatan Presiden pertama Indonesia Sukarno tetap dibatasi.

Baca: Rumah Dinas Loji Gandrung bakal 'Lebih Merakyat'

"Kalau ada pengunjung ingin masuk, silakan saja. Tapi jumlahnya dibatasi dan tidak bisa sembarangan," kata Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo alias Rudy di rumah dinasnya, Kamis (22/9/2016).


(Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah akan dijadikan rumah rakyat, MTVN - Pythag)

Menurut Rudy, setiap orang berhak mengetahui peninggalan bersejarah di Solo. Satu di antaranya Lodji Gandrung. Di bangunan berarsitektur Eropa-Jawa itu, Presiden pertama yang juga Sang Proklamator kerap beristirahat. 

Dulu, setiap Bung Karno ke Solo selalu menginap di Loji Gandrung. Salah satu ruangannya menjadi tempat Bung Karno menginap. Ruangan itu berada di sisi timur bagian depan bangunan.

"Ini juga merupakan ruang pengingat sejarah. Bahwa Sang Proklamator selama berada di Kota Solo tidur di ruangan itu," papar dia.

Beberapa perabotan ditempatkan di ruangan itu, misalnya ranjang, wastafel, kaca rias, dan lemari. Ada pula piano yang menjadi pemanis ruangan.

"Biasanya kamar ini hanya dibuka saat tertentu dan tidak ada yang berani tidur di kamar Bung Karno. Tapi saya biasa meditasi di sana," ungkap Rudy.


(RRN)