Samsat Online Mengerek PAD DI Yogykarta

Patricia Vicka    •    Jumat, 15 Sep 2017 16:37 WIB
pajak kendaraan
Samsat <i>Online</i> Mengerek PAD DI Yogykarta
Ilustrasi e-samsat. Foto: Antara/Feny Selly

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Penerapan Samsat Online (E-Samsat) berhasil meningkatkan Penerimaan Pemda DIY. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang masuk turut mengerek Pemasukan Asli Daerah (PAD).

"Faktor yang membuat (PAD) meningkat ada banyak salah satunya ada e-samasat," ungkap Kepala DPPKA DIY Bambang Wisnu Handoyo (BWH) di Kantornya, Jumat 15 September 2017.

Peningkatan PKB di DIY mencapai 10-11 persen tiap tahun. Selain faktor peningkatan jumlah kendaraan, pembayaran pajak yang semakin mudah turut memberi dampak positif.

Kemudahan dalam membayar pajak membuat warga semakin sadar pajak. Warga DIY biasanya sudah membayar PKB jauh sebelum pajak tahunan jatuh tempo. Padahal, biasanya orang membayar pajak dekat batas waktu pembayaran dan kerap menimbulkan antrean panjang.

Kepala Bidang Anggaran Pendapatan DPPKA DIY Gamal Suwantoro menyebut, PKB jadi salah satu penyumbang terbesar penerimaan asli daerah. "PAD hampir 70 persennya dari Pajak Kendaraan. Lalu disusul Pajak Bea Balik Nama dan Pajak Bahan Bakar," kata dia.

PKB pada 2015 mencapai Rp556 miliar. Meningkat menjadi Rp593,6 miliar pada 2016, dan diprediksi menjadi Rp626,99 miliar pada 2017.

Peningkatan terjadi karena Pemda dan Polda DIY membuka Samsat keliling hingga tingkat desa dan juga mobil keliling di beberapa pusat perbelanjaan.

Pemda DIY telah menerapkan E-Samsat sejak 2016. Pembayaran pajak E-Samsat ini diperlengkap lagi dengan skema pembayaran pajak melalui transfer bank Pembangunaan daerah (BPD) pada 2016.


(SUR)