Dua Napi Jepara Bisa Bebas saat Hari Kemerdekaan

Rhobi Shani    •    Senin, 14 Aug 2017 13:33 WIB
remisi
Dua Napi Jepara Bisa Bebas saat Hari Kemerdekaan
Rutan Kelas IIB Jepara, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Rhobi Shani)

Metrotvnews.com, Jepara: Sebanyak 56 warga binaan Rumah Tahanan Kelas IIB Jepara, Jawa Tengah, diusulkan mendapat remisi Hari Kemerdekaan 17 Agustus. Jika semua usulan disetujui Kementerian Hukum dan HAM, dua nama akan langsung bebas di hari kemerdekaan.
 
Kepala Rutan Kelas IIB Jepara Selamet Wiryono, menyampaikan, saat ini jumlah warga binaan di Rutan Kelas IIB Jepara sebanyak 250 orang. Namun, yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan Remisi Umum I dalam rangka HUT RI, hanya 56 orang.
 
“Saat ini tinggal menunggu SK (surat keputusan) remisi dari kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah. Dua nama yang akan bebas juga belum kami sampaikan kepada yang bersangkutan,” ujar Slamet, Senin 14 Agustus 2017.
 
Disampaikan Slamet, dua warga binaan yang akan bebas pada Kamis 17 Agustus 2017 adalah Saidul Imam dan Nor Ahmad Zaudiyah. Keduanya napi kasus kepemilikan senjata tajam dengan hukuman tujuh bulan pidana.
 
“Mungkin besok baru kami sampaikan ke yang bersangkutan, sekalian persiapan mengikuti upacara,” kata Slamet.
 
Slamet bilang, secara simbolis remisi akan diberikan saat upacara HUT RI ke 72 di Alun-alun Jepara. Sebanyak 20 perwakilan warga binaan penerima remisi akan mengikuti upacara di sana. Sementara, warga binaan lainnya akan mengikuti upacara di dalam Rutan.
 
“Kelihatannya saya tidak bisa ikut upacara di Alun-alun karena di dalam juga ada upacara,” ucap Slamet.
 
Selain upacara, Slamet menambahkan, di dalam Rutan juga akan dilaksanakan berbagai jenis perlombaan khas hari kemerdekaan. Itu seperti lomba makan kerupuk dan aneka permainan tradisional.


(SAN)