Plt Wali Kota Tegal Segera Ditunjuk

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 30 Aug 2017 15:58 WIB
ott kpk
Plt Wali Kota Tegal Segera Ditunjuk
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menghadiri panen raya di Desa Kasepuhan, Batang, Jateng. Foto: MTVN/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Batang: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo segera menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tegal Siti Masitha Suparno. Penunjukan Plt menunggu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Masitha sebagai tersangka.

“Kita tinggal tunggu proses hukumnya. setelah dinyatakan tersangka, berarti kan harus ada pejabat sementaranya. Nanti langsung menunjuk Plt,” kata Ganjar di sela-sela kunjungan kerja saat panen raya di Desa Kasepuhan, Batang, Rabu 30 Agustus 2017.

Terkait penangkapan Sita, Ganjar mengungkapkan bahwa jauh-jauh hari sebelumnya ia sudah sering mengingatkan kepada Wali Kota Tegal tersebut, terutama menghindari tindak pidana korupsi.

Klik juga: Masitha Pernah Diingatkan Hindari Korupsi

“Saya sudah sering ngomong sama seluruh kepala daerah di Jawa Tengah, termasuk Wali Kota Tegal, agar jangan mengambil yang bukan miliknya. Tapi kalau sudah diingatkan tapi tetap saja “nyolong’, ya sudah,” ujar Ganjar dengan nada geram.

Bahkan Ganjar meminta kepada KPK untuk sering OTT, karena masih ada saja kepala daerah yang membandel. Menurutnya, ini tamparan buat Jawa Tengah. Sebelumnya, beberapa kepala daerah yang ditangkap karena terkait korupsi. Pada 2015, Bupati Kendal dicokok Jaksa karena terseret kasus korupsi Bantuan Sosial. Pada akhir 2016, giliran Bupati Klaten ditangkap KPK.

“Sudah sering dibilangi tapi masih ‘ndableg’. (KPK) sering OTT saja,” tandasnya.

Baca juga: Penangkapan Wali Kota Tegal Disambut Gembira PNS yang Dinonjobkan

Diketahui, Wali Kota Tegal, Siti Masita, terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK pada Selasa petang kemarin. Sita ditangkap di rumah dinasnya, di Kompleks Balaikota Tegal, seusai memimpin rapat evaluasi capaian kerja dengan sejumlah OPD Pemkot Tegal.

Sita ditangkap terkait dugaan kasus korupsi pembangunan fisik ruang ICU RSUD Kardinah, Tegal.

Baca: Ditangkap KPK, Wali Kota Tegal Tinggalkan Masalah Internal
 


(SUR)