BPBD Jepara Waspadai Angin Kencang di Wilayah Pesisir

Rhobi Shani    •    Senin, 13 Nov 2017 14:48 WIB
cuaca ekstrem
BPBD Jepara Waspadai Angin Kencang di Wilayah Pesisir
ilustrasi Metrotvnews.com

Jepara: Memasuki musim hujan warga diminta waspada akan bahaya angin kencang. Berdasarkan peta kerawanan bencana angin, Badan Penanggalan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mewaspadai kawasan pesisir bagian barat rentan diterpa angin. 

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jepara Pujo Prasetyo menyampaikan, wilayah barat pesisir pantai rawan dilanda angin kencang. Selain kawasan pesisir pantai, angon kencang juga rawan terjadi di wilayah  lereng gunung Muria.

"Wilayah yang rentan terdampak bencana angin kencang berada di Desa Kancilan Kecamatan Kembang, Kemudian sekitar Batealit, Tanggul Tlare Kecamatan Kedung, kawasan kota Jepara dan Welahan," ujar Pujo, Senin 13 November 2017.

Pujo bilang, belajar dari kasus angin kencang di Banjarnegara yang merenggut korban jiwa, dia meminta warga Jepara untuk meningkatkan kewaspadaan. Utamanya ketika cuaca panas sepanjang hari, kemudian mendung hitam datang. Selain itu, Pujo mengimbau agar warga tidak berteduh di bawah pohon atau memarkirkan kendaraanya di bawah pohon. 

"Kami sudah melakukan sosialisasi tentang ciri-ciri akan adanya angin kencang bertiup, meskipun tidak selalu terjadi, alangkah baiknya ketika warga berwaspada. Cirinya adalah ketika ada mendung hitam yang menggelantung kemungkinan akan disertai angin besar," kata Pujo.

Pujo mengatakan, sudah melakukan persiapan memasuki musim pancaroba ini. Untuk menghindari musibah pohon roboh, BPBD Jepara telah melakukan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup, untuk melakukan rabas-rabas pohon ataupun pemotongan bilamana dirasa pohon kondisinya dianggap memrihatinkan.

"Di awal bulan ini saja angin kencang sudah terjadi di Desa Mantingan," ungkap Pujo.



(ALB)