KPK Hibahkan Rumah Rampasan dari Djoko Susilo Pekan Depan

Pythag Kurniati    •    Jumat, 13 Oct 2017 18:31 WIB
kpk
KPK Hibahkan Rumah Rampasan dari Djoko Susilo Pekan Depan
Bekas rumah Djoko Susilo di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 70 Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan yang akan dihibahkan ke Pemerintah Kota Surakarta. Foto: MTVN/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menghibahkan rumah rampasan dari Mantan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Djoko Susilo ke Pemerintah Kota Surakarta. Rumah tersebut disita karena terkait kasus korupsi dan tindak pidana pencucian uang simulator SIM di Kakorlantas Polri.

Nilai aset dari rumah bergaya Jawa Eropa tersebut ditaksir mencapai Rp48 miliar. Serah terima rumah yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 70 Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, itu akan dilakukan pekan depan.

"Dijadwalkan serah terima tanggal 17 Oktober 2017," ungkap Kabid Aset Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Sugiyatno, Jumat 13 Oktober 2017.

Permohonan alih pengelolaan bekas rumah Djoko Susilo sebenarnya sudah diajukan oleh Pemerintah Kota Surakarta kepada KPK sejak tahun 2016. Akhirnya, penyerahan akan dilakukan tahun ini dan akan disaksikan Gubernur Jawa Tengah dan sejumlah perwakilan kementerian terkait.

"KPK, Kementerian Keuangan dan Presiden Jokowi akhirnya memberikan persetujuan mengenai hibah rumah tersebut," beber dia.

Pemerintah Kota Surakarta akan menyulap rumah seluas 3.077 meter persegi tersebut jadi Museum Batik. Pemkot Surakarta telah bercita-cita membuat Museum Batik sejak tahun 2014.


Papan pengumuman penyitaan KPK di bekas rumah Djoko Susilo. Foto: MTVN/Pythag Kurniati

Mulai dirapikan

Jelang serah terima, bekas rumah Djoko Susilo mulai dirapikan. Pantauan Metrotvnews.com, kondisi rumah tersebut masih tampak bagus.

Sejumlah orang tampak membersihkan bagian halaman depan. Pada bagian pintu terpampang papan KPK bertulis 'Tanah dan Bangunan Ini Telah Disita dalam Perkara Tindak Pidana Pencucian Uang'.

 Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surakarta Gatot Sutanto yang ditemui di lokasi mengaku, timnya kebagian tugas membersihkan bagian rumah. "Tim kami bertugas menyiram tanaman serta membersihkan drainase," kata Gatot.

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait jiga dilibatkan. "Mulai dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Bagian Umum, semuanya kebagian membersihkan," terang dia.
 


(SUR)