Tegal Kekurangan 3.077 PNS

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 26 Dec 2017 11:12 WIB
pnspendaftaran cpns
Tegal Kekurangan 3.077 PNS
Ilustrasi. (Foto: MI/Arya Manggala)

Tegal: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal, Jawa Tengah, membutuhkan tambahan 3.077 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di 2018. Untuk memenuhi itu, Pemkab sudah mengusulkan penambahan pegawai ke pemerintah pusat supaya bisa digelar seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun depan.

"Kita sudah usulkan sejak Mei lalu," kata Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKD) Kabupaten Tegal Edi Budianto saat dihubungi Medcom.id.

Dia merinci, jumlah usulan tersebut terdiri dari ‎2.208 tenaga pendidikan yakni guru TK, SD, dan SMP, kemudian 103 dokter, 447 perawat, serta 319 tenaga infrastruktur atau teknik. ‎Menurut Edi, usulan itu sudah disesuaikan dengan permintaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) yang memprioritaskan pengangkatan PNS untuk tenaga pendidikan, kesehatan, dan teknik. 

"Selain itu juga berdasarkan analisis kebutuhan dan beban kerja pegawai. Jumlah PNS di Kabupaten Tegal yang pensiun tiap tahun juga cukup banyak, terutama tenaga guru," jelasnya.

Edi menegaskan, pemerintah daerah hanya bisa sebatas mengajukan usulan. Keputusan atas usulan tersebut sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat. Dia juga belum dapat memastikan apakah pemerintah pusat akan menggelar seleksi CPNS pada tahun depan atau tidak seperti yang senter‎ beredar di masyarakat.

"Kami belum tahu apakah tahun depan ada seleksi CPNS atau tidak. Tapi harapan kami usulan itu bisa disetujui walaupun jumlahnya tidak sesuai dengan jumlah yang kita usulkan. Apalagi sudah beberapa tahun ini ada moratorium CPNS," pungkasnya.


(ALB)