Jenazah TKI Asal Kendal Masih Tertahan di Taiwan

Iswahyudi    •    Rabu, 06 Dec 2017 17:59 WIB
tki illegal
Jenazah TKI Asal Kendal Masih Tertahan di Taiwan
Ilustrasi

Kendal: Sorang tenaga kerja asal Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, meninggal di Taiwan. Namun, hingga kini jenazah Al Munawar belum bisa dipulangkan ke Indonesia karena yang bersangkutan bekerja di luar negeri melalui jalur ilegal.

"Persoalan itu yang menjadikan sulit proses pengambilan jenazah TKI itu," kata Kepala Balai Pelayanan Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Jateng Suparjo saat Focus Group Discusion (FGD) dengan tema `Optimalisasi Pelayanan Pengaduan dan Mediasi RKI` di Hotel Sae Inn, Kendal, Selasa, 5 Desember 2017.

Menurut Suparjo, Munawar meninggal bukan tindakan kekerasan saat bekerja. Namun, ia mengembuskan nafas terakhir karena sakit.

"Ada enam TKI dari Kendal yang meninggal dalam setahun ini, rata-rata disebabkan sakit," ungkap Suparjo.

Suparjo menyatakan, enam tenaga kerja kerja asal Kendal yang meninggal seluruhnya berangkat ke luar negeri melalui jalur ilegal. Sehingga, mereka tidak mendapatkan santunan.

Berkaca dari kejadian itu, Suparjo meminta agar para tenaga kerja menggunakan jalur resmi atau legal saat berangkat bekerja ke luar negeri. Apabila terjadi hal buruk saat bekerja di luar negeri, maka akan mendapatkan santunan.

"Mereka hanya dapat tali asih saja dari pemerintah, yaitu dari BNP2TKI sebesar Rp2 juta. Kalau lewat prosedur pasti, jelas mendapatkan asuransi apabila meninggal di luar negeri. Nilainya mencapai Rp80 juta, ditambah Rp5 juta. Lalu, dari BP3TKI juga memberikan santunan kepada keluarga TKI," ungkap dia.


(NIN)