Waspadai Banjir, Petugas PT KAI Disebar Pantau Kondisi Rel

Patricia Vicka    •    Kamis, 13 Oct 2016 17:01 WIB
banjir
Waspadai Banjir, Petugas PT KAI Disebar Pantau Kondisi Rel
Petugas tengah meninggikan rel kereta di Kalitirto Berbah DIY, Rabu (12/10/2016). Foto: PT KAI

Metrotvnews.com, Yogyakarta: PT KAI Daerah Operasional VI Yogyakarta-Solo meninggikan dan membersihkan rel kereta api untuk menghindari banjir. Peninggian rel dilakukan untuk memperkokoh posisi dan agar sejajar dengan jalan sekitar.

"Kita tinggikan jalurnya beberapa milimeter. Bantalan rel kita luruskan dengan alat khusus biar rata dengan jalanan dan tak gampang tergenang banjir," kata Manager Humas DAOP VI Eko Budyanto saat dihubungi di Yogyakarta, Kamis (13/10/2016).

Peninggian dan perbaikan rel dilakukan malam hari guna menghindari lalu lalang kereta. Selain itu, beberapa petugas disiagakan di daerah-daerah yang rawan terkena banjir dan longsor. Tugasnya adalah mengawasi agar rel dalam kondisi siaga dan bisa terus dilewati.

"Petugas ada di wilayah Solo sampai Guprak sebelum Gundih di lintas utara. Kalau ada kejadian longsor atau banjir di sekitar rel, mereka langsung melaporkannya. Kalau di Yogyakarta kami siagakan di sekitar jembatan, seperti di dekat Sungai Progo," tutur Eko.

Untuk menghindari adanya genangan air, DAOP VI rutin membersihkan drainase dan gorong-gorong di sepanjang rel kereta. "Intinya jadwal kereta tidak boleh terganggu karena hujan," kata dia.



(UWA)