Kepala SMK di Gunungkidul Diduga Cabuli Siswanya

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 05 Nov 2016 13:07 WIB
pencabulan
Kepala SMK di Gunungkidul Diduga Cabuli Siswanya
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Gunungkidul: Seorang kepala SMK swasta di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, diduga mencabuli siswanya. Kepala SMK berinisial S itu diduga telah berbuat tak pantas dalam beberapa bulan terakhir.

Juru bicara Polres Gunungkidul, Iptu Ngadino, mengatakan kasus tersebut telah masuk dalam penanganan instansinya. Ia menjelaskan, terungkapnya kasus itu bermula saat orang tua curiga karena anaknya enggan bersekolah dan bergaul dengan tetangga. Bahkan, katanya, anak tersebut sempat berujar tak ingin sekolah lagi.

"Setelah mendapat cerita dari anaknya, orang tua korban melaporkan ke polisi kemarin (Jumat, 4 November)," kata Ngadino melalui sambungan telepon, Sabtu (5/11/2016).

Dalam laporannya, Ngadino mengatakan kepala SMK berinisial S menjadi terlapor. Informasi yang Polres Gunungkidul peroleh dari Unit Perlindungan Perempuan dan Anak, korban dicabuli oleh S sejak Februari hingga September 2016.

Ngadino mengaku masih harus melengkapi berkas bukti lanjutan dari laporan itu, termasuk memeriksa saksi dan korban. Jika bukti dianggap lengkap, polisi akan memanggil S untuk menjalani pemeriksaan.

"Saat ini kita masih menunggu hasil visum dari RSUD Wonosari," kata dia.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Keluarga Berencana, Kabupaten Gunungkidul, Rumiyati Hastuti, mengatakan ikut mendampingi korban, baik dari aspek psikologi maupun hukum. Ia menekankan agar siswa yang kini duduk di kelas XII SMK itu tidak sampai putus sekolah.

"Kami harap lingkungan dan keluarga bisa ikut memberi dukungan. Entah tetap sekolah di sekolah yang sama, atau pindah, akan kita bantu," katanya.


(UWA)