Alat Peraga Kampanye Pilbup Jepara Berpotensi Timbulkan Konflik

Rhobi Shani    •    Senin, 17 Oct 2016 09:14 WIB
pilkada serentak
Alat Peraga Kampanye Pilbup Jepara Berpotensi Timbulkan Konflik
Bakal calon Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengembalikan berkas hasil perbaikan diterima Ketua KPU Jepara (kanan). (Metrotvnews.com/Rhobi Shani)

Metrotvnews.com, Jepara: Masa kampanye calon bupati dan wakil bupati Jepara, Jawa Tengah, belum dimulai. Namun kedua bakal pasangan calon sudah mulai memasang alat peraga kampanye di jalan-jalan protokol Jepara, maupun di jalan-jalan desa.
 
Dalam hal ini, Polres Jepara memberikan perhatian khusus. Pasalnya pemasangan (APK) terlalu cepat dari penetapan KPU berpotensi menimbulkan konflik. Terutama di antara para pendukung bakal pasangan calon maupun kader partai pengusung.

Secara resmi, di Kabupaten Jepara, kontestasi pemilihan bupati 2017 diikuti oleh 2 pasangan calon. Keduanya diusung oleh PPP. Partai Kakbah memberikan rekomendasi calon bupati kepada Subroto. Namun, Ketua DPC PPP Jepara Ahmad Marzuqi juga turut dalam kontestasi pemilihan bupati. Hal ini berpotensi memunculkan ketegangan antar pendukung pasangan calon.

“Kalau elit partainya (PPP) tenang-tenang saja, masyarakat pendukungnya tidak terprovokasi.  Potensi (kerusuhan) itu bisa ditekan dimulai dari para calon dan elit partainya,” ujar Kapolres Jepara AKBP Samsu Arifin, Senin (17/10/2016).
 
Lebih lanjut Samsu menyampaikan, guna mengantisipasi timbulkan konflik antar pendukung, dalam waktu dekat pihaknya akan mengumpulkan semua elit partai. Selain itu, masing-masing tim pemenangan pasangan calon juga diminta hadir untuk menandatangai nota kesepakatan kampanye damai.
 
“Apapun simbolnya, nantinya bupati yang terpilih bakal melanjutkan pembangunan. Kalau tidak ingin potensi gesekan ini membesar, elit partai dan masyarakat harus bisa bersikap dewasa,” kata Samsu.
 
Secara resmi, KPU Jepara baru akan menetapkan pasangan calon bupati pada pekan dekan, Senin 24 Oktober 2016. Masa kampanye baru akan dimulai tiga hari setelah penetapan pasangan calon oleh KPU. Meski begitu, alat peraga kampanye dua pasang bakal calon bupati Ahmad Marzuqi–Dian Kristiandi dan Subroto–Nur Yahman sudah mulai tersebar di penjuru Kota Ukir.


(MEL)