Kinerja Humas Pemda Jateng Melempem

   •    Kamis, 13 Oct 2016 11:30 WIB
pemda
Kinerja Humas Pemda Jateng Melempem
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (dua dari kanan) memarahi jajarannya lantaran menemui jalan berlubang di Dusun Buratan, Desa Kesenet, Kecamatan Banjarmangu. (Metrotvnews.com/Deo Dwi)

Metrotvnews.com, Wonosobo: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai kinerja jajaran hubungan masyarakat pemerintah daerah di 35 kabupaten kota, belum optimal.

"Humas di Jateng rata-rata masih melempem, karena tugas utama menjadi penghubung antara pemerintah dengan rakyatnya, belum efektif," katanya di Kabupaten Wonosobo, seperti dilansir Antara, Kamis (13/10/2016).

Kritik tersebut disampaikan Ganjar saat memberikan pengarahan kepada semua kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)Kabupaten Wonosobo. Menurut dia, jajaran humas pemda seharusnya bisa lebih kreatif. Semua kegiatan pemerintah mestinya disampaikan ke publik.

Baca: Gubernur Jateng Marahi Anak Buah di Pinggir Jalan

Perlunya, agar masyarakat mengetahui bahwa jajaran pemerintah bekerja sehingga masyarakat tidak merasa dirugikan karena telah membayar pajak.

"Humas bisa menyampaikan kegiatan pemda melalui media sosial agar masyarakat tahu. Ini zaman modern," ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Ganjar meminta pemerintah kabupaten/kota mulai mengubah cara pandang terkait pelayanan kepada masyarakat. "Saya minta pemkab pemkot membuat layanan informasi dan aduan masyarakat secara terbuka melalui berbagai media sosial dan dikelola oleh humas di masing-masing daerah," kata mantan anggota DPR itu.

Ganjar mengungkapkan sejumlah aduan masyarakat di daerah saat ini banyak disampaikan ke Pemprov Jateng melalui twitter, email, SMS, dan website. Padahal, mayoritas keluhan tersebut adalah kewenangan dari pemerintah kabupaten kota.

"Kalau yang begitu, terus saya mau meneruskan, berikan ke siapa," ujar Ganjar.


(SAN)