Trayek Bus Interkoneksi Bersinggungan dengan Rute Bus Perkotaan

Patricia Vicka    •    Selasa, 08 Nov 2016 14:57 WIB
transportasi
Trayek Bus Interkoneksi Bersinggungan dengan Rute Bus Perkotaan
Kondetur bus Trans Jogja mengawasi penumpang yang keluar dari bus menuju halte, di Yogyakarta. Foto:Antara/Kurniawan Arie Wibowo

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Rute bus interkoneksi DIY akan bersingungan dengan salah satu trayek bus Angkutan Kota Dalam Provinsi milik koperasi Pemuda (bus Pemuda). Trayek kedua bus ini bersinggungan di jalan Ringroad utara dari daerah Jombor-Condongcatur hingga perempatan Maguwoharjo. 

Ketua Organisasi Angkutan Daerah (Organda) DIY Agus Andriyanto menjelaskan pihaknya tidak berkeberatan dengan adanya persinggungan ini. Pun tak cemas persinggungan ini akan menurunkan jumlah penumpang Koperasi Pemuda secara signifikan. 

Namun, ia berharap pemerintah berkomunikasi lebih intensif lagi dengan koperasi Pemuda untuk saling berbagi batasan agar tak saling berebut penumpang. 

"Pemda sudah menyosialisasikan seluruh rute ke anggota kami. Salah satunya koperasi Pemuda. Kami tidak keberatan," ujarnya melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Selasa (8/11/2016). 

Ia yakin bus Pemuda takakan kehilangan penumpang, sebab kedua bus memiliki penumpang yang berbeda tujuan. Selain itu, jumlah armada bus interkoneksi yang masih sedikit membuat kedatangan bus akan jauh lebih lama dibandingkan bus Pemuda. 

"Bus interkoneksi tidak bisa berhenti di sembarang tempat. Tidak seperti bus Pemuda. Jadi, saya yakin bus Pemuda takakan kehilangan penumpang," tuturnya.

Agus menegaskan, selain trayek bus Pemuda, tak ada trayek lain yang bersinggungan dengan bus interkoneksi. Ia optimistis kehadiran bus interkoneksi akan memicu gairah warga Yogyakarta kembali menggunakan kendaraan umum. 

Sebagai informasi, trayek bus Pemuda meliputi Jombor Prambanan melewati Jalan Ringroad Utara dan Jalan Solo. Jumlah armada bus Pemuda kini sekitar 60 buah. 

Pemda DIY mengoperasikan bus interkoneksi untuk mempermudah masyarakat di luar kota Yogyakarta mengakses Kota Yogyakarta dan sebaliknya. Jalur bus interkoneksi akan memutari jalan Ringroad yang melingkari Kota Yogyakarta dari dua arah, yakni dari sisi timur ke arah selatan dan kembali ke timur. Dari Timur akan ke arah utara dan kembali lagi ke timur.

 


(UWA)