Kota Yogyakarta Rayakan Ultah, Hindari Sejumlah Jalur Ini

Patricia Vicka    •    Jumat, 07 Oct 2016 16:39 WIB
hut kota yogyakarta
Kota Yogyakarta Rayakan Ultah, Hindari Sejumlah Jalur Ini
Pekerja memasang patung kuda karya seniman Timbul Raharjo, di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Kamis (29/9/2016). Foto: MI/Gino F. Hadi

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Puncak peringatan HUT ke-260 Kota Yogyakarta akan digelar Jumat malam 7 Oktober 2016. Acara akan dimeriahkan karnaval budaya besar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga jalan Margoutomo. Sejumlah jalan akan ditutup dan dialihkan ke tempat lain. 

Kepala Satuan Lalu Lintas Kota Yogyakarta Kompol Dwi Prasetio menjelaskan karnaval budaya akan dimulai dari depan restoran ayam cepat saji di Jalan Jenderal Sudirman dan berakhir di jalan Margoutomo Tugu Yogyakarta. Sementara di sisi timur Tugu Pal Putih akan dipasang panggung utama tempat menampilkan karnaval. 

Para peserta parade akan mulai berjalan kaki dari Jalan Faridan M. Noto melewati Jalan Dewa Nyoman Oka dan Jalan Ahmad Jazuli. Kemudian masuk ke jalur karnaval di Jalan Jenderal Sudirman. 

Pihaknya sudah menyiapkan beberapa kantong parkir bagi warga yang hendak menyaksikan parade. Yakni, di dalam restauran cepat saji, di Jalan Pasar Kembang, dan di utara Pasar Kranggan di Jalan A.M. Sangaji. 

"Untuk tamu VIP kami siapkan area parkir di sepanjang Jalan Diponegoro," ujarnya saat dihubungi, di Yogyakarta, Jumat (7/10/2016). 

Ruas jalan yang akan ditutup adalah di sepanjang jalan Jenderal Sudirman setelah perempatan Kota Baru hingga jembatan Gondolayu dan berakhir di Jalan Margomulyo. 

Karena Jalan Urip Sumaharo ditutup, pengendara dialihkan ke utara ke jJalan Cik Ditiro dan ke selatan ke Jalan Suroto. Masyarakat yang melewati Jalan Diponegoro akan diarahkan ke jalan A.M. Sangaji di simpang empat Tugu. 

"Pengalihan arus mulai dilakukan pukul 16.30 WIB. Penutupan jalan dilakukan pukul 17.00 WIB," kata dia.

Untuk mengatur lalu lintas, polisi mengerahkan 80 personel. Di setiap penggal jalan menuju lokasi acara akan dijaga minimal dua aparat. 

Parade karnaval HUT ke-260 Kota Yogyakarta akan berlangsung pukul 18.00-22.00 WIB dengan mengusung tema wayang. 

(UWA)