Ziarah ke Makam Soeharto, Panglima TNI Kutip Pesan Soekarno

Pythag Kurniati    •    Rabu, 28 Sep 2016 13:07 WIB
hut tni
Ziarah ke Makam Soeharto, Panglima TNI Kutip Pesan Soekarno
Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo berziarah di makam Soeharto di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (28/09/2016)

Metrotvnews.com, Karanganyar: Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menziarahi makam Presiden ke-II Soeharto di Astana Giribangun, Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu 28 September. Kegiatan ini dalam rangka HUT ke-71 TNI.

"Presiden Soekarno pernah mengatakan, perjuanganku tidaklah sulit karena menghadapi penjajah. Namun perjuangan di masa yang akan datang (saat ini) lebih sulit karena menghadapi bangsa sendiri," demikian Panglima TNI mengutip kata-kata Bung Karno, Rabu (28/09/2016).

Gatot Nurmantyo meminta seluruh komponen bangsa termasuk generasi muda bersatu-padu. "Dengan bersatu kita akan bersama menjadi pemenang," kata dia.

Panglima TNI juga menuturkan agar rakyat Indonesia tidak melupakan sejarah. "Karena banyak peristiwa penting, tokoh penting yang membuat kita saat ini ada," imbuh Gatot.

Oleh karenanya, pada saat hari-hari tertentu seperti Hari Kemerdekaan, Hari Pahlawan dan Hari TNI akan digunakan sebagai penyegar kembali ingatan akan sejarah bangsa. "Kunjungan kami hari ini berdasar hasil rapat, mulai tahun ini dalam rangka HUT TNI panglima TNI, panglima komando melakukan ziarah rombongan," ungkapnya.

Ziarah tersebut antara lain dilakukan di makam-makam mantan presiden Republik Indonesia dan makam Panglima Besar Jendral Sudirman. "Sebelum ini kami sudah ke Blitar (makam Presiden Pertama Soekarno) dan Jombang (makam Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid)," urai dia.

Selain Panglima TNI, ziarah juga diikuti Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriyatna, dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono. Bupati Karanganyar Juliyatmono juga turut mendampingi.

 


(SAN)