Langgar Zona Bahaya, Wisatawan Hilang di Pantai Baron

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 26 Dec 2017 15:49 WIB
tenggelam
Langgar Zona Bahaya, Wisatawan Hilang di Pantai Baron
Suasana pencarian wisatawan di Pantai Baron. (Foto: SAR Gunungkidul)

Gunungkidul: Seorang wisatawan yang tengah berlibur di Pantai Baron, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, Ilham Desta Andriyanto, 15, hilang ketika berenang di aliran sungai yang bermuara di pantai tersebut pada Selasa, 26 Desember 2017. Ilham yang merupakan warga Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, hilang karena diduga mengabaikan peringatan berbahaya. 

Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Surisdiyanto, mengatakan peristiwa bermula saat Ilham bersama temen-temannya berenang di aliran sungai bermuara di Pantai Baron. Padahal, lokasi tersebut termasuk zona merah atau rawan bahaya. 

"Korban ini kemungkinan tak bisa berenang lalu terseret arus dan tenggelam," ujar Surisdiyanto saat dihubungi lewat sambungan telepon. 

Usai kejadian, teman-teman korban segera minta tolong tim search and rescue (SAR). Selang beberapa saat, tim SAR mencari korban di arus sungai dengan kedalaman empat meter. 

Namun, pencarian itu tak langsung membuahkan hasil. Pencarian dilakukan dengan tim penyelam, mengerahkan jet ski, dan kapal jukung. "Arus sungai lumayan deras," katanya. 

Ia menyayangkan wisatawan yang tak menghiraukan peringatan zona bahaya. Selain itu, peringatan juga sudah disampaikan melalui pengeras suara dan petugas yang berpatroli. "Kami masih mencari," jelasnya. 

Dinas Pariwisata Gunungkidul mencatat sudah puluhan ribu wisatawan memadati berbagai obyek wisata setempat. Diperkirakan kunjungan wisata sudah lebih dari 68 ribu. 

Koordinator SAE Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Marjono, menambahkan Basarnas dan BPBD Gunungkidul ikut menjadi sejumlah obyek wisata. "Ada 10 anggota Basarnas yang ikut mencari korban (di Pantai Baron)," katanya. 

Marjono mengimbau para wisatawan memerhatikan keselamatan diri dan anggota keluarga. Caranya, dengan mematuhi peringatan di lapangan maupun dari petugas. 



(ALB)