Tujuh Kelurahan di Pekalongan Terendam Banjir

Kuntoro Tayubi    •    Jumat, 01 Dec 2017 18:04 WIB
banjircuaca ekstrem
Tujuh Kelurahan di Pekalongan Terendam Banjir
Banjir menggenangi wilayah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com /Kuntoro Tayubi)

Pekalongan: Sebanyak 7 kelurahan di Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, digenangi banjir. Tingginya curah hujan bercampur dengan pasangnya air laut di pantai Utara Pekalongan membuat tanggul di bibir pantai Pasirsari jebol.

Camat Pekalongan Utara, Yose Rosyidi, menyampaikan hampir seluruh wilayahnya terendam banjir. Banjir sendiri terjadi pada Jumat dini hari, sekitar pukul 03.00 WIB.

"Hampir semua wilayah terendam banjir. Ada 7 kelurahan dengan jumlah penduduk sekitar 4000 jiwa. Banjir akibat gelombang tinggi air laut dan ditambah intensitas hujan tinggi di wilayah Pekalongan," ungkapnya, Jumat, 1 Desember 2017.



Adapun 7 kelurahan yang terendam yaitu Panjang Baru, Kandang Panjang, Panjang Wetan, Bandengan, Padukuhan Kraton, Krapyak dan Degayu.

"Ketinggian air antara 20 cm hingga 60 cm. Bahkan, ketinggian ada yang sekitar 70 cm, itu ada didaerah yang rendah. Paling parah ada di Panjang," tambahnya.

Akibat banjir, para korban banjir di Kecamatan Pekalongan Utara diungsikan ke sejumlah titik pengungsian.

Data dari pihak kecamatan, pengungsi yang awalnya 900 orang hingga pukul 12.30 WIB mencapai 1.300 orang.

"Kami terus berusaha mengevakuasi warga agar tidak ada korban jiwa. Namun memang  ada sejumlah warga yang tidak mau mengungsi. Kami juga mengerahkan alat berat untuk membuat jalur air agar air yang menggenangi pemukiman bisa lancar menuju laut," ujarnya.


(ALB)