Jekduk, Inovasi Mempermudah Layanan Administrasi Kependudukan

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 03 Oct 2017 10:13 WIB
inovasi
Jekduk, Inovasi Mempermudah Layanan Administrasi Kependudukan
Petugas Jeduk mengantarkan berkas adminduk warga di Kecamatan Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah -- MTVN/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Pekalongan: Pemerintah Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, membuat inovasi Ojek Layanan Administrasi Kependudukan (Jekduk). Inovasi ini mampu mempermudah dan mempercepat layanan administrasi kependudukan di daerah yang letak geografisnya jauh dari pusat pemerintahan.

Sebelum ada Jekduk, warga Petungkriyono harus menempuh jarak 34 kilometer untuk menuju pusat pemerintahan Kabupaten Pekalongan. Sehingga, memerlukan waktu tempuh lebih lama dengan biaya yang lebih besar.

"Jekduk mampu menjadi solusi karena dapat melayani seluruh masyarakat serta tidak memerlukan biaya (gratis)," kata Sekretaris Camat Petungkriyono Agus Dwi Nugroho, Selasa 2 Oktober 2017.

Menurut Agus, warga Petungkriyono kini bisa langsung menerima berkas mereka di rumah masing-masing. Warga hanya perlu datang ke desa untuk menyerahkan berkas kepada satgas kewilayahan (sekdes). Kemudian, satgas kewilayahan menyerahkan kepada operator pencatatan sipil (capil) kecamatan.

"Selanjutnya, akan dibawa satgas operasional (aparatur kecamatan) ke capil kabupaten. Setelah selesai, berkas akan diserahkan kepada warga dengan fasilitas Jekduk," ungkapnya.

Agus menuturkan, Jekduk sudah diterapkan sejak satu tahun lalu. Diharapkan, lebih banyak warga Petungkriyono dapat memanfaatkan layanan ini karena prosesnya cepat,  gratis, dan memberikan kepastian pada masyarakat kapan selesainya.

Operator Capil Kecamatan Petungkriyono Teguh Riswanto menambahkan, saat ini masih banyak warga belum memahami pentingnya administrasi kependudukan. Sehingga, mereka enggan mengurusnya.

"Padahal, dengan adanya layanan Jekduk ini, masyarakat lebih dipermudah," tandasnya.


(NIN)