KPI Daerah Diminta Ikut Mengawasi Digitalisasi Media

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 06 Oct 2017 13:03 WIB
media sosial
KPI Daerah Diminta Ikut Mengawasi Digitalisasi Media
Pengukuhan Komisioner KPID DIY Periode 2017-2020 di Bangsal Kepatihan Yogyakarta. Foto: MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diminta mengawasi media televisi di era digitalisasi. Sebab, tayangan televisi telah muncul dalam berbagai platfom.

"Tugas komisi semakin berat. UU Penyiaran kemungkinan besar disahkan. Ada tentang digitalisasi televisi," kata Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, S Rahmat Arifin, saat pengukuhan Komisioner KPID DIY Periode 2017-2020, di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Jumat 6 Oktober 2017.

Pengawasan KPDI di Yogyakarta cukup terbantu dengan Peraturan Daerah tentang Penyiaran. Ini pun menjadi kelebihan tersendiri untuk menghasilkan penyiaran yang layak untuk publik.

"Mungkin saya juga meminta televisi Jakarta yang memiliki siaran daerah untuk dapat mempertimbangkan budaya Jawa, misalnya di Yogyakarta. Pengantarnya memakai bahasa Jawa," ujarnya.

Tujuh komisioner KPID DIY Periode 2017-2020 dikukuhkan. Mereka adalah Sapardiyono, Muh. Imam Santoso, Hajar Pamundi, Yohanes Suyanto, Agnes Dwi Rusjiati, Dewi Nur Hasanah dan Made Arjana.

Wakil Gubernur DIY, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X, berharap para komisioner menunjukkan komitmennya dalam menjalankan tugas pengawasan penyiaran. Salah satunya mengamal penyiaran pancasila dengan tetap memajukan budaya lokal.

"Menguatkan entitas lokal dalam semangat otonomi daerah juga penting. Penting sebagai upaya dalam menyajikan kualitas siaran agar lebih bermanfaat," tuturnya.

Yohanes Suyanto, mengaku akan mengajak masyarakat turut mengawasi penyiaran. Menurutnya, masih banyak lapisan masyarakat yang belum mengetahui keberadaan dan fungsi KPID. Beragam sosialisasi akan dilakukan.

"Perlu keterlibatan masyarakat untuk pengawasan penyiaran. Soal digitalisasi media, akan melihat lebih dulu perkembangan UU penyiaran," kata dia.

Pengukuhan Komisioner KPID DIY Periode 2017-2020 di Bangsal Kepatihan Yogyakarta. Foto: MTVN/Ahmad Mustaqim


(SUR)