KPU Surakarta Kembalikan Berkas Pendaftaran Perindo

Pythag Kurniati    •    Senin, 09 Oct 2017 16:59 WIB
partai politik
KPU Surakarta Kembalikan Berkas Pendaftaran Perindo
Komisioner KPU meneliti berkas berupa daftar anggota, salinan KTA dan KTP el

Metrotvnews.com, Solo: KPUD Surakarta mengembalikan berkas pendaftaran Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Surakarta. Sebabnya, ada perbedaan data yang diinput pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dengan berkas yang diserahkan ke KPUD Surakarta.

“Jumlah salinan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan salinan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el)berbeda,” kata Komisioner KPU Divisi Hukum KPU Surakarta Nurul Sutarti, Senin, 9 Oktober 2017.

Nurul menerangkan, sesuai dengan data yang diinput dalam Sipol, jumlah KTA dan KTP-el sebanyak 606 lembar. Namun, berkas salinan KTA dan KTP-el yang diserahkan oleh DPD Partai Perindo ke KPU Surakarta berjumlah 577 lembar. 

Pencocokan jumlah KTA dan KTP-el dengan data di Sipol sudah dilakukan lebih dari satu kali oleh komisioner KPU.  Padahal, lanjutnya, kesesuaian data Sipol dengan berkas yang diserahkan ke KPU kabupaten dan kota adalah syarat mutlak.

“Sudah kami hitung sampai tiga kali,” katanya.

Oleh karenanya, KPU Surakarta mengembalikan berkas pendaftaran DPD Partai Perindo untuk dilengkapi kembali. “Kami beri waktu melengkapi hingga batas akhir pendaftaran (tanggal 16 Oktober 2017),” jelas dia.

Perindo menjadi partai pertama yang menyerahkan berkas pendaftaran parpol ke KPU Surakarta. Penyerahan berkas diiringi konvoi pengemudi Gojek, Senin, 9 Oktober 2017.

Pantauan Metrotvnews.com di lapangan, kurang lebih 120 personel Gojek dan pengurus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Perindo Surakarta mendatangi KPU Surakarta di Jalan Kahuripan Utara 23 Sumber, Banjarsari Solo.

“Hari ini memang serentak DPD Perindo kabupaten dan kota di Indonesia menyerahkan berkas pendaftaran di KPU kabupaten kota masing-masing,” ungkap Ketua DPD Partai Perindo Surakarta Milia Jatmiati.

Para pengemudi Gojek yang mengantar ke KPU Surakarta, merupakan kader DPD Partai Perindo Surakarta. “Kader kami memang banyak yang berprofesi sebagai pengemudi GO-Jek,” imbuh Milea.

Di KPU Surakarta, kehadiran rombongan diterima oleh komisioner KPU, antara lain Ketua KPU Surakarta Agus Sulistyo dan Divisi Hukum KPU Surakarta Nurul Sutarti. Perwakilan pengurus DPD Partai Perindo Surakarta kemudian menyerahkan salinan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan salinan KTP elektronik yang disusun berurutan. 

Ketua KPU Surakarta Agus Sulistyo memaparkan, ada tahapan yang harus dilalui parpol. Merujuk aturan, sebelum mendaftar parpol wajib memasukkan data ke Sipol. Data antara lain meliputi data pengurus parpol pusat, provinsi dan kabupaten/kota, data anggota tingkat kabupaten/kota serta data pendukung lainnya.
Setelah melakukan input data, formulir dari Sipol dicetak dan diserahkan ke KPUD saat mendaftar beserta syarat lainnya. 

“Bila hasil penelitian ada kekurangan dokumen atau tidak sama dengan Sipol maka KPUD Surakarta mengembalikan ke parpol untuk dilengkapi. Adapun penyerahan berkas pendaftaran parpol dibuka selama 14 hari. Mulai 3 Oktober 2017 sampai 16 Oktober 2017,” tuturnya.



(ALB)