Pemkab Jepara 'Bagi-Bagi' 5.374 Lowongan Kerja

Rhobi Shani    •    Jumat, 24 Nov 2017 19:12 WIB
pengangguran
Pemkab Jepara 'Bagi-Bagi' 5.374 Lowongan Kerja
Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengunjungi Job Fair. Foto: Metrotvnews.com / Rhobi Shani

Jepara: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara membuka bursa kerja bagi para pencari kerja yang tiap tahunnya bertambah puluhan ribu. Sebanyak 5.374 lowongan kerja dari 20 perusahaan 'dibagi-bagi' dalam ajang bursa kerja di Aula Maribu Resto dari Jumat sampai Sabtu, 24-25 November 2017.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi bursa kerja sengaja diselenggarakan agar calon tenaga kerja mendapatkan pekerjaan yang sesuai kompetensinya. Selain itu, upaya Pemkab Jepara menghadirkan solusi untuk mengatasi masalah pengangguran.

Walau demikian, dia menilai SDM Jepara harus terus ditingkatkan di sisi kualitas agar produktivitas daerah meningkat. Salah satu faktor yang berperan besar adalah sektor pendidikan.

“Jika kualitas SDM meningkat, maka otomatis akan meningkatkan tingkat produktivitas dan tenaga yang terampil serta profesional yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan maupun lembaga,” ujarnya Marzuqi, Jumat, 24 November 2017.

Marzuqi mengatakan, Pemkab Jepara gencar meningkatkan ketersediaan lapangan pekerjaan. Tak hanya jadi pekerja, Pemkab Jepara juga berupaya mencetak pengusaha muda yang mampu menggerakkan perekonomian daerah.

Marzuqi justru berharap generasi muda yang baru lulus perguruan tinggi bisa menciptakan lapangan kerja baru. “Jadi tidak sekedar menjadi pencari kerja, tapi juga harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan,” kata Marzuqi.

Selain membuka bursa tenaga kerja bagi para pencari kerja, di tempat yangs sama juga digelar pameran hasil usaha 10 kelompok usaha produktif binaan Dinas Koperasi UMKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Beragam makanan, ukuran bambu, dan tekstil hasil produksi usaha mikro unjuk gigi.


(SUR)