Jelang Akhir Tahun, Hotel di Yogyakarta Ludes Dipesan

Patricia Vicka    •    Sabtu, 23 Dec 2017 15:36 WIB
natal dan tahun baru
Jelang Akhir Tahun, Hotel di Yogyakarta Ludes Dipesan
Kawasan Malioboro (Foto: medcom/vicka)

Yogyakarta: Jelang liburan Natal dan tahun baru, hotel-hotel di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman laris manis dipesan wisatawan. Sebanyak 70-80 persen kamar sudah dipesan para pelancong. Bahkan kamar kosong di hotel-hotel berbintang dikawasan Malioboro, nyaris tak tersisa.

Ketua Perkumpulan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) DIY Istijab Danunagoro mengatakan, berdasarkan laporan anggota PHRI, hotel di kawasan Yogyakarta hampir 90 persen sudah dipesan pada 31 Desember 2017. “Misalnya seperti hotel Ibis, Jentra Dagen, Four Session, Mutiara sudah full book,” kata Istijab di Yogyakarta, Jumat 22 Desember 2017.

Begitu pula hotel-hotel bintang tiga ke atas di sekitar Malioboro, tingkat pesanan kamarnya sudah mencapai di atas 75 persen. Namun wisatawan tak perlu khawatir, masih ada hotel-hotel non bintang atau penginapan yang banyak tersedia di Malioboro. 

Lonjakan pemesanan hotel mulai meningkat sejak 23 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018. Diperkirakan akan makin naik pada 30 Desember 2017. Para pengelola hotel pun berlomba-lomba menyiapkan atraksi dan event hiburan untuk menikmati pergantian tahun.

Istijab mengatakan sebagian besar hotel berbintang mengadakan jamuan makan malam dengan live music. Adapula yang mendatangkan band dan artis ibu kota. “Pas pergantian tahun beberapa hotel juga ada atraksi kembang api di luar hotel,” kata Istijab.

Selama liburan Natal dan tahun baru, tak ada promo dan potongan harga. Sebaliknya, hampir semua hotel memaketkan harga menginap dengan harga perayaan malam tahun baru.

Istijab memperkirakan kunjungan wisatawan tahun ini akan melonjak 10-20 persen dibandingkan tahun lalu. Pasalnya ia yakin banyak wisatawan yang hendak liburan ke Bali, mengalihkannya ke Yogyakarta karena letusan Gunung Agung beberapa waktu lalu.

“Pesan saya yang mau liburan ke Yogyakarta, pesan hotel dari sekarang. Jangan dadakan daripada enggak kebagian,” pungkasnya.

 Terpisah, General Manager Hotel Rich Jogja Herryadi Baiin mengatakan sekitar 55-60 persen kamar hotelnya sudah terpesan. Bahkan pada 31 Desember, 97 persen kamar sudah habis dipesan. “Kami  prediksi akhir tahun, seluruh kamar kami yang berjumlah 473 buah habis terpesan,” katanya.

Untuk menghibur para tamu yang ingin merayakan momen pergantian tahun, Rich Yogyakarta menyiapkan jamuan makan malam dengan hiburan penyanyi ibukota. Atraksi kembang api juga akan diadakan tepat pada momen pergantian tahun baru.

 



(ALB)